Notification

×

Iklan

Iklan

Permudah Uji Sim C, Polres Bitung Berlakukan Simulasi Lintasan S

Rabu, 16 Agustus 2023 | 12:13 WIB Last Updated 2023-08-16T04:13:04Z
Kapolres Bitung AKBP Tommy B. Souissa Didampingi Pejabat Polres Bitung

BITUNG- Satlantas Polres Bitung mulai memberlakukanKeputusan Kakorlantas Polri Nomor Kep/105/VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023, tentang  uji praktek sim c dengan lintasan huruf S. Selasa (15/8/2023). 


Tujuan pelaksaan uji praktek sim tersebut, dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat dalam menapatkan lisensi berkendara. 


Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa kepada media menegaskan, program ini berlangsung secara nasional dan merupakan program kepolisian republik indonesia. 


"Saya  melakukan uji coba terkait dengan ujian praktek sim tersebut” Ungkap Kapolres,  dalam kegiatan yang didampingi oleh Waka Polres Bitung, Kompol Afrizal Racmat Nugroho, bersama dengan Kabag Ops AKP Agung Widodo dan Kasat Lantas AKP Novita Citra Mega Restika. 


Menurutnya, Lintasan huruf dengan huruf S cukup lumayan dan sangat mudah sekali tapi tidak menghilangkan keahlian. Lebih baik dibandingkan lintasan angka 8 yang selama ini dijadikakan simulasi. 


Secara tehknis lanjut Kappolres Bitung, bahwa pemohon sim c akan mengawali ujian praktek dari lintasan lurus. Di sana tertulis 'REM' dengan kotak kuning, untuk menguji kepekaan pemotor dalam melakukan pengereman sampai berhenti yang ditandai dengan tulisan STOP. lalu dilanjut dengan memutar arah. Kemudian berlanjut ke uji berbentuk huruf S. Setelah itu, melakukan manuver tikungan lain.


Terakhir, ada pengujian pengereman lagi dengan dua arah tujuan berhenti kiri dan kanan. Materi terakhir adalah menguji kepekaan pemotor untuk melakukan pengereman menghindar ke kiri atau ke kanan.


Kapolres juga mengatakan bahwa, jajarannya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait perubahan ujian itu. 


"akan selaku disosialisasikan, agar Pemohon yang akan mengikuti ujian praktek sim c mengetahui  praktek terbaru, dan bisa menyesuaikan diri dengan area yang disediakan”, Janji Kapolres pada Masyarakat. ****


×
Berita Terbaru Update