Notification

×

Iklan

Iklan

Optimalkan Perlindungan Pedagang Pasar. APPSI Gratiskan Iuran Awal BPJS Ketenaga-Kerjaan

Senin, 07 Agustus 2023 | 02:15 WIB Last Updated 2023-08-06T18:15:18Z
Pedagang Secara Simbolis Terima Kartu BPJS

Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia - APPSI Kota Bitung Mendaftarkan dan Menanggung pembayaran awal  iuran BPJS Ketenaga kerjaan kepada puluhan pedagang pasar kota Bitung. 


Hal dilaksanakan APPSI Bitung disela-sela kegiatan lomba domino dan catur, dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI Ke 78 dikompleks Pasar Ruko Pateten, Kec. Aertembaga Bitung (6/8/2023). 


Ketua DPD APPSI Kota Bitung Kh. Ust. Hairrudin Bandu S.Sos menegaskan,  program ketenaga-kerjaan ini adalah kebijakan pemerintah, yang wajib didukung oleh semua masyarakat. Dia menjelaskan program perlindungan kepada pedagang wajib dilakukan, menyusul rentanya para pedagang dari kecelakaan kerja. Resiko mengalami musibah dalam beraktifitas dagang berpeluang terjadi setiap saat.


" Ini program pemerintah, dan APPSI membantu mewujudkannya kepada pedagang dengan menanggung beban pembayaran awal, dan membantu mendaftarkannya secara online", Ungkap Hairrudin Bandu kepada media, usai  menyerahkan secara simbolis kartu BPJS Ketenaga-kerjaan kepada beberapa Pedagang Pasar. 


Dia menambahkan, tanggungan awal pembayaran BPJS ketenaga kerjaan cukup besar. Karena itu Ustad Hairrudin Bandu menyampaikan terimakasih kepada Ketua Komisariat APPSI Pasar Ruko Denny Liemitang ST, yang bersedia menyiapkan pembayaran awal tersebut. Selanjutnya, pedagang pasar melanjutkan iuran BPJS secara mandiri. Namun Paling tidak, dengan tanggungan Awal ini, maka Pedagang pasar telah melangkah, untuk mendapatkan perlindungan.


" Terimkasih kepada Denny Liemitang yang mensponsori kegiatan lomba dan iuran awal gratis untuk BPJS Ketenaga - Kerjaan Pedagang Pasar". Jelas Bandu yang disetujui Bendahara APPSI Bitung Man Hunta. 


Sementara Alex Akuba salah seorang pedagang juga merangkap buruh pasar, di pasar Winenet yang sudah terdaftar menyatakan kegembiraannya. Menurut Akuba, program APPSI ini sangat membantu pedagang pasar. Sebab, pedagang apalagi buruh pasar sulit mengakses informasi dan program ini. Selain karena kekurangan informasi, juga keterbatasan penguasaan teknologi. 


" TerimakasiH APPSI, saya sudah didaftarkan dan ditanggung iuran awalnya. Ini program  sangat membantu pedagang dan buruh"... Kata Akuba dengan Gembira. 


Program BPJS ini akan dijalankan APPSI secara bertahap, hingga ke semua pedagang pasar dikota Bitung. Hal ini dijelaskan Direktur Eksekutif APPSI Bitung Haji Harsono Muhammad yang memiliki akses sebagai Kanal BPJS Ketenaga-kerjaan.  Harsono mengaku sejauh ini APPSI tidak hanya menjangkau pedagang pasar, tetapi juga sudah mendaftar dan menanggung biaya awal BPJS tersebut, kepada buruh pasar, tukang ojek hingga sejumlah jurnalis (wartawan).


" Kami akan berupaya membantu siapapun yang belum terjangkau, agar memiliki kartu BPJS ketenaga-kerjaan. Meski iuran awalnya harus ditanggung APPSI"... Tutup Harsono.

×
Berita Terbaru Update