Notification

×

Iklan

Iklan

Meriah dan Sukses Rangkaian HUT ke-78 Kemerdekaan RI Pemkab Minahasa

Kamis, 17 Agustus 2023 | 21:30 WIB Last Updated 2023-08-20T14:55:12Z


MINAHASA KOMENTAR -
Sukses! Itulah kata yang paling pas untuk menggambarkan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Proklamasi Republik Indonesia di Kabupaten Minahasa, Kamis (17/8/2023).




Tidak cuma sejak upacara pengibaran bendera Merah Putih di Lapangan Manguni Sasaran Tondano, hingga terakhir upacara penurunan bendera melalui live streaming yang berlangsung di Istana Jakarta. 



Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, Wakil Bupati Robby Dondokambey, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Glady P E Kandouw SE dan Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana SIK SH MM, yang boleh tersenyum tetapi seluruh masyarakat, tokoh masyarakat hingga para pejabat ikut sumringah.



Diawali dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung di Lapangan Manguni Sasaran Tondano. Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Minahasa Royke Octavian Roring. Pengibaran bendera yang di dalam rangkaian tersebut dilakukan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka).


Pembacaan Teks Proklamasi dilakukan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Glady P E Kandouw SE, selanjutnya mengheningkan Cipta dipimpin Bupati Royke Roring yang dilanjutkan dengan pembacaan doa.



Selanjutnya, ziarah ke makam pahlawan Dr. Sam Ratulangi yang diikuti oleh Bupati Minahasa bersama rombongan di antaranya Ketua Tim Penggerak PKK Minahasa Dra Fenny Ch M Roring Lumanauw SIP, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si MM dan Wakil Ketua TP PKK Minahasa Martina Dondokambey Lengkong, serta jajaran Forkopimda Minahasa dan pejabat Pemkab Minahasa.


Dalam kesempatan itu, kepada Komentar.co.id Bupati Royke Roring mengatakan, mengakhiri masa tugas kami, ini adalah perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan saya dan pak wakil bupati yang terakhir.


"Semoga apa yang sudah kami lakukan selama lima tahun, betul-betul dapat dirasakan oleh masyarakat Minahasa. Kami akan tetap menopang siapapun yang dipercayakan oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan tugas baik sebagai pejabat dan proses selanjutnya," ujarnya.


Seusai ziarah, acara dilanjutkan dengan mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual, dan diakhiri resepsi dan toas kenegaraan, di rumah dinas Bupati Minahasa.


Pada sore harinya, dalam upacara penurunan bendera, bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey. Prosesi penurunan bendera yang dilakukan oleh pasukan pengibar Bendera Merah Putih (Paskibraka) utusan dari berbagai sekolah di Kabupaten Minahasa itu berjalan sukses.



Bupati Royke Roring mengatakan, apa yang kita saksikan bersama bahwa paskibraka telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, semua sudah berjalan lancar. 



"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Minahasa, saya selaku Bupati bersama Wakil Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih," ucapnya 



Diakhir kegiatan, Bupati Royke Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey bersama Forkopimda dan jajaran Pemkab Minahasa mengikuti penurunan bendera melalui live streaming yang berlangsung di Istana Jakarta.


Perayaan sekaligus peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI di Kabupaten Minahasa berlangsung semarak dan mengukir kenangan terindah di hati. (nes)

×
Berita Terbaru Update