Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua Kwarcab Minahasa Fenny Lumanauw: Semangat Gerakan Pramuka Tingkatkan SDM

Senin, 14 Agustus 2023 | 22:12 WIB Last Updated 2023-08-14T14:12:35Z


MINAHASA KOMENTAR -
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Minahasa Fenny Roring Lumanauw, memimpin apel Peringatan Hari Pramuka ke-62, sekaligus membuka perkemahan penggalang dan penegak, Senin (14/8/2023) di Halaman Stadion Maesa Tondano.


Dalam sambutannya, Fenny Roring Lumanauw mengatakan, syukur pada Tuhan hari ini 14 Agustus 2023, segenap anggota Gerakan Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana, telah genap berusia 62 tahun.


"Sekaligus kita memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912," katanya.



Ia menyebutkan, adapun tema utama peringatan Hari Pramuka pada tahun 2023 ini adalah "Dengan peringatan hari Pramuka ke-62, mari kita wujudkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berwawasan kebangsaan".


"Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan SDM yang lebih profesional. Mencermati sumber daya kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan," ujarnya.


Untuk itu, lanjutnya, khusus kepada para ketua, wakil ketua dan anggota majelis pembimbing di semua tingkatan, saya berharap kiranya terus dapat memberikan bimbingan serta bantuan baik secara moril, material dalam rangka memajukan gerakan Pramuka. 


"Saya tak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat yang selalu mendukung pendidikan Gerakan Pramuka. Selamat hari Pramuka ke-62, semoga gerakan Pramuka semakin jaya," ia menambahkan.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Minahasa Royke Octavian Roring dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Riviva Maringka mengucapkan Selamat Hari Pramuka.


"Atas Nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, saya mengucapkan Selamat Hari Pramuka yang ke-62," kata Maringka.


Ia menjelaskan, gerakan pramuka, khususnya di sekolah, merupakan program kegiatan yang bertujuan mulia, yaitu mendidik generasi muda melakukan hal positif sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku, menyiapkan mental yang kuat dan kokoh untuk menjaga keutuhan NKRI.


Dikatakannya, kontribusi pramuka diberbagai kegiatan sosial, lingkungan, dan kemanusiaan itu dapat mencerminkan upaya kolaborasi antara pemerintah dan gerakan Pramuka dalam memajukan pendidikan dan kepemudaan. 


"Marilah bersama berkomitmen untuk terus mendukung pramuka sebagai wadah pembentukan karakter dan Warga Negara yang berakhlak mulia agar juga Pramuka dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat," katanya.


"Teruskan berkarya dan berkreasi dalam wadah Pramuka, ingatlah selalu dasa darma dan hymne Pramuka," ia menambahkan. (nes)

×
Berita Terbaru Update