Notification

×

Iklan

Iklan

Dihadapan Peserta MGMAC & AMF 2023, Sekda Minut Paparkan PLTS Terbesar di Minahasa Utara

Rabu, 02 Agustus 2023 | 23:59 WIB Last Updated 2023-08-03T10:05:17Z



JAKARTA KOMENTAR-Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mengikuti Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals and  ASEAN Mayor Forum (MGMAC-AMF) di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa, 1 Agustus 2023. 

Dalam kegiatan bertaraf nasional itu, Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E. M.A.P. M.M. M.Si diwakili oleh Sekretaris Daerah Minahasa Utara Ir Novly Geret Wowiling, M.Si.



Kegiatan yang melibatkan tidak kurang dari 500 peserta yang mewakili kota-kota besar se-Asean dan perwakilan dari Kabupaten dan Kota di Asia Pasifik itu, dibuka oleh Menteri Luar Negeri Dra. Retno Marsudi atas nama Presiden RI Joko Widodo yang juga sebagai ketua ASEAN 2023. 



Ada 5 isu krusial yang dibahas yaitu  Inclusive Economic Growth; Digital Transformation; Resilient Cities and Climate Action ;SDGs Localisation; Sustainable Mobility to Accelerate Cities; Net Zero Emissions yang dibahas dalam pertemuan bertemakan “Catalysing Regional Growth through Sustainable Development in ASEAN Cities”.


Setelah dibuka kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel dan presentasi terkait isu krusial tersebut dan Sekda minut Ir. Novly Wowiling memaparkan isu krusial di Kanupaten Minahasa Utar yaitu terkait Resilient Cities and Climate Action.



Lewat presentasinya itu, Sekda Minut menjelaskan tentang komitmen Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara terkait Resilient Cities and Climate Action diantaranya yaitu budidaya mangrove berbasis ekowisata di desa Budo yang telah menjadi best practise dalam pelibatan masyarakat lokal terhadap pengelolaannya.


Sekda lalu menjelaskan adanya Pembangkit Lintrik Tenaga Surya (PLTS ) yang ada Desa Likupang  Minahasa Utara, sebagai PLTS terbesar di Indonesia, yang menunjukan bahwa energi baru dan terbarukan menjadi hal yang penting untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. 




"Kabupaten Minahasa Utara telah bergabung dengan ribuan kota dan pemerintah daerah di seluruh dunia yang peduli dengan perubahan iklim dan dipilih menjadi salah satu dari 4 kabupaten/ kota percontohan di Indonesia oleh the Global Covenant of Mayors for Climate & Energy(GCoM) yang di fasilitasi oleh United Cities and Local Government Asia Pacific (UCLG ASPAC) untuk mempersiapkan mitigasi perubahan iklim, pengurangan emisi, ketahanan  dan adaptasi iklim, serta akses terhadap energi berkelanjutan,"papar Sekda dihadapan ratusan peserta.




Adapun pembicara dalam panel tersebut adalah, Mr. Asanee Buranupakor Mayor of Chiang Mai Municipality Thailand, Mr. Saveuy Silavan Vice Mayor of Luang Prabang City Laos, Ms. Madelaine Alfelor Gazman UCLG ASPAC Ambassador/ Mayor of Iriga City Philippines, Dr. Lukman Fadlun Adviser to the Mayor of Banjarmasin City, Indonesia dan utusan Minahasa Utara Mr. Novly Wowiling, Regional Secretary of North Minahasa Regency, Indonesia.


Turut mendampingi sekda DR Lucky Longdong, MEd staf khusus bidang SDM Unggul, Drs Theodore Lumingkewas, MM Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Minahasa Utara dan Sefferson Sumampouw, S.STP, S.IP, M.Si Kabag Pemerintahan.



Dewi Wenas

×
Berita Terbaru Update