Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua Faji Sulut Richard Sualang Lantik Rifky Roring Ketua Panitia Prakualifikasi PON XXI Arung Jeram

Minggu, 14 Mei 2023 | 01:09 WIB Last Updated 2023-05-13T18:50:48Z


MINAHASA KOMENTAR -
Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sulawesi Utara (Sulut) DR. Richard Sualang, melantik Rifky Roring ST, sebagai Ketua Panitia Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Cabang Olahraga (Cabor) Arung Jeram, Sabtu (13/5/2023) di Rumah Dinas Bupati Minahasa.


Richard Sualang yang juga Wakil Walikota Manado itu mengatakan pengurus FAJI nasional maupun daerah sangat bersyukur, sebab arung jeram ini akan dipertandingkan pada PON ke-21 di Aceh, dan Sumatera Utara tahun 2024 mendatang.


Menurut Sualang, setahun sebelum penyelenggaraan PON ada 39 cabor yang akan dipertandingkan dan  melaksanakan pra kualifikasi termasuk arung jeram. FAJI sudah memutuskan untuk mengadakan Pra PON, dan dari 30 provinsi ada 12 provinsi yang akan bertanding di PON nanti.


Ia menjelaskan, Sulut ditunjuk sebagai tuan rumah zona timur untuk melaksanakan pra PON, dari 9 provinsi diperkirakan hanya ada 6 tim yang akan bertanding di pra PON ini.


"Asesmen dan kesiapan fasilitas sudah disetujui dan resmi ditunjuk yakni sungai Nimanga di desa Timbukar Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa. Tentunya kita berharap agenda besar Pra PON Arung Jeram di Minahasa ini bisa menjadi salah satu sarana promosi pariwisata yang ada di Sulut, khususnya Kabupaten Minahasa," ia menyebutkan.


Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Lynda Watania dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Minahasa mengapresiasi Faji Sulut karena mengemban tugas yang sangat penting dan strategis.


Kegiatan itu, kata Sekda, untuk pembangunan olahraga dan pariwisata oleh sebab itu harus disambut dengan baik. Karena itu merupakan potensi bagi Kabupaten Minahasa. 


Sekda Watania menyebutkan, kami tentunya memberikan dukungan terhadap pelaksanaan pra PON FAJI untuk agenda PON 2024 di Aceh. Oleh sebab itu perlu adanya koordinasi untuk memberikan kenyamanan pada pelaksanaan pra PON.


"Peluang ini harus ditangkap agar Kabupaten Minahasa bisa membuka investasi khususnya di bidang pariwisata. Saya berharap koordinasi jajaran pemerintah dan panitia bisa efektif dalam mensukseskan kegiatan ini," ia menambahkan.


Ditempat yang sama, Ketua Faji Kabupaten Minahasa yang baru dilantik sebagai Ketua panitia pra-kualifikasi, Rifky Roring, menyebut bahwa hal itu menjadi kebanggaan bagi dirinya secara pribadi. Sebab kata dia, pra PON di Sulut hanya melibatkan olahraga arung jeram.


"Pelaksanaan ini sangat berdampak untuk wajah Sulut nanti. Saya sangat berharap semua panitia penyelenggara kegiatan ini bisa melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga agenda ini bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.


Rifky menambahkan, sangat diharapkan supaya pelaksanaan ini teratur dan sesuai dengan yang direncanakan dari awal hingga selesai. Kita di sini juga tetap memperhatikan faktor keamanan bagi para tamu yang nantinya akan datang.


Untuk kesiapannya masih dalam proses, karena panitia baru saja terbentuk. Namun demikian panitia inti sudah bergerak dan pengurus pusat juga sudah melakukan peninjauan venue (lokasi,red) nanti juga akan ada pembangunan homestay sebagai fasilitas bagi para atlet.


"Atlet Minahasa berpeluang besar untuk tampil di PON, karena faktanya mereka bisa meraih medali meski di daerah lain. Jadi kita makin optimis apalagi pra kualifikasi akan dilaksanakan di wilayah sendiri," tambahnya. (nes)

×
Berita Terbaru Update