Notification

×

Iklan

Iklan

Peserta 194 Orang Tahapan Seleksi Anggota Polri T.A 2023

Selasa, 25 April 2023 | 20:54 WIB Last Updated 2023-04-25T12:54:55Z

 


AMURANG KOMENTAR - Seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri Tahun Anggaran (T.A) 2023, terbilang cukup tinggi. 

Sebanyak 194 putra dan putri terbaik dari sejumlah kecamatan di, Kabupaten Minsel telah mendaftar dan sangat antusias untuk mengikuti tahapan demi tahapan seleksi calon anggota Polri.Selasa (25/04/2023).

Usai mendaftar secara online, mereka akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) awal yang akan dilaksanakan di Markas Komando (Mako) Polres Minsel, mulai 26 April hingga awal Mei 2023.

Panitia setempat di bawah koordinasi Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Polres Minsel Kompol Alfrets Tatuwo, S.Sos, beberapa hari terakhir ini, tampak sibuk mempersiapkan pelaksanaan Rikmin awal tersebut.

Informasi yang diperoleh, pada T.A 2023 ini tercatat sebanyak 194 orang yang akan mengikuti Rikmin awal di Mapolres Minsel. 

Ke-194 orang tersebut, terdiri dari 178 pria dan 16 wanita. Sebagian besar di antaranya, yakni sebanyak 183 orang melamar Bintara, dan 7 orang pria melamar Tamtama Brimob.

Sementara yang berani membidik kursi Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) hanya empat orang, terdiri dari tiga pria dan satu wanita.  

Terkait Rikmin awal tersebut, untuk verifikasi berkas para pelamar, Polres Minsel menggandeng dua instansi terkait dari jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Minsel.

Dan demi mengedepankan prinsip BETAH yakni Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis, serta “clean and clear”, Polres Minsel akan melibatkan pula pengawas internal dan pengawas eksternal. 

Dari pantauan Media ini di Mapolres Minsel, tadi siang, para pelamar tampak sedang antri untuk menjalani pemeriksaan rapid test antigen Covid-19, di Klinik Sanika Satyawada Polres Minsel. 

"Sebelum mengikuti tahapan Rikmin awal, kami harus mengikuti dulu pemeriksaan rapid test antigen Covid-19. Kami barusan selesai diperiksa dan hasilnya negatif," tutur Timothy Lutam asal Amurang, dan Vidli Sondakh asal Tareran ketika ditemui wartawan. 

Keduanya mengaku melamar Bintara Polri.Timothy baru kali ini ikut seleksi, sementara Vidli mengaku tahun ini untuk yang kedua kalinya ia mengikuti seleksi Bintara Polri.

"Saya pernah ikut seleksi Bintara Polri pada tahun 2021 lalu, namun gugur di tahapan tes psikologi. Tahun 2022 tidak sempat ikut seleksi, karena lagi fokus persiapan untuk ikut lagi seleksi Bintara Polri tahun 2023 ini,"ujar Vidli.

Ditambkanya,saat ikut pertama kali dirinya memang kurang persiapan, terlebih saat akan ikut tes psikologi. 

"Soal-soal tes psikologi lumayan susah, banyak peserta yang gugur di tahapan seleksi ini. Butuh persiapan matang untuk bisa lulus tes akademik dan psikologi," ucapnya.

Meski pernah gagal, hal itu tak membuat Vidli patah semangat. Belajar dari pengalaman pahit tersebut, ia pun lebih mempersiapkan diri, lebih dari setahun untuk menghadapi tes akademik dan psikologi nanti.

"Semoga tahun ini saya lulus seleksi Bintara Polri. Tolong topang saya dalam doa," ujarnya. 

Sementara itu, Timothy Lutam mengaku baru kali ini ikut seleksi Bintara Polri. Kendati demikian, lulusan SMAN 1 Amurang tahun 2021 tersebut mengaku telah mempersiapkan diri selama kurang lebih setahun. 

Timothy tampak terinspirasi dengan kisah sukses seorang siswa alumni SMAN 1 Amurang, Benny David Kevin Manorek, yang meraih ranking 3 seleksi penerimaan Taruna Akpol di tingkat Panitia Daerah (Panda) Polda Sulut, dan juga lulus seleksi di tingkat Panitia Pusat (Panpus).

Baik Timothy maupun Vidli menyadari sepenuhnya, seleksi Taruna Akpol jauh lebih berat dibandingkan seleksi Bintara, karena dua kali disaring, harus lulus seleksi di tingkat Polda dan harus lulus pula seleksi di tingkat pusat.

"Karena itu, kami cuma mendaftar ikut seleksi Bintara Polri. Bagi kami, bisa lulus seleksi Bintara, sudah sangat bersyukur," tutup Timothy dan Vidli.  (Dotu)


×
Berita Terbaru Update