Notification

×

Iklan

Iklan

Peringati HBP ke-59, Lapas Tondano bersama TNI POLRI Geledah Blok Hunian Warga Binaan

Sabtu, 18 Maret 2023 | 07:29 WIB Last Updated 2023-03-17T23:29:18Z


Minahasa, Komentar.co.id -
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Tondano melaksanakan penggeledahan blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat (17/3/2023)  Pukul 20:00 Wita.



Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-59 itu dilakukan bersama-sama dengan anggota Polres dan Kodim 1302 Minahasa.



Kepala Lembaga Pemasyarakatan (KaLapas) Tondano Yulius Paath, SIP, DEA, dalam konferensi pers menjelaskan bahwa hal itu dilakukan untuk menjadikan Lapas yang bersih dari Narkoba atau pun dari barang-barang yang bisa disalahgunakan oleh tahanan untuk melakukan tindak kejahatan.


Malam ini, lanjut Yulius, kita bersama-sama dengan TNI/Polri melaksanakan penggeledaha di semua blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP).


"Penggeledahan ini, dilakukan untuk mengantisipasi jangan sampai para warga binaan memiliki niat yang tidak baik terhadap tahanan lain. Berdasarkan perintah pimpinan, kami harus laksanakan deketsi dini sebagai upaya untuk memberantas narkoba dan tindakan-tindakan yang merugikan orang lain,"ujarnya.


Menurut Yulius, dari penggeledahan yang dilakukan setiap dua hari sekali maupun pemeriksaan malam ini, tidak menemukan barang-barang berbahaya milik tahanan.


"Kalau pun ada, itu hanya barang-barang biasa yang digunakan para warga binaan sehari-hari, seperti korek api, alat elekronik radio dan tali serta kaca bayang. Itu semua, tetap kami sita dan dimusnahkan agar tidak disalah gunakan oleh tahanan," kata Yulius.


Hasil sitaan malam ini, lanjut dia, kami tidak menemukan alat komunikasi seperti telepon genggam. Karena alat tersebut, diduga kuat menjadi alat penghubung dan memungkinkan mereka melakukan transaksi meski didalam tahanan.


"Saat penggeledahan, semua tahanan di Lapas Tondano tidak memiliki alat komunikasi dan Narkotika. Untuk itu, saya berterima kasih kepada TNI/Polri atas sinergitasnya karena sudah bersama-sama melakukan penggeledahan terhadap warga binaan di Lapas Tondano ini,"ucapnya.


Sementara itu, Kasat Shabara Polres Minahasa AKP Robin Langi, mengucapkan terima kasih pada Kalapas Tondano karena sudah memberikan kesempatan untuk melakukan pemeriksaan terhadap warga binaan di Lapas bersama pihak Kodim 1302 Minahasa.


"Hasil pemeriksaan malam ini sudah cukup maksimal. Dan masalah kekurangan, tinggal kita benahi bersama-sama atau akan di evaluasi kembali," kata mantan Kasubag Humas Polres Minahasa ini.


Hal senada disampaikan Komandan Provost Sertu Edi Warsono, menurut Edi, hasil penggeledahan yang sudah dilakukan ini benar-benar suatu hal yang luar biasa karena melibatkan anggota Kodim 1302 Minahasa.


"Sekali lagi, diucapkan terima kasih atas kepercayaan Lapas Tondano yang sudah bekerja sama dengan Kodim Minahasa melakukan pemeriksaan terhadap warga binaannya," ia menambahkan. (nes)

×
Berita Terbaru Update