Notification

×

Iklan

Iklan

Walikota dan Wawali AA-RS Bersama Kankanwil Serahkan Sertifikat Tanah Rakyat Redistribusi

Rabu, 08 Februari 2023 | 22:11 WIB Last Updated 2023-02-15T14:21:48Z


MANADO KOMENTAR- Rabu (08/02/2023), Walikota dan Wakil Walikota Manado Andrei Angouw dan Richard Sualang AA-RS, menghadiri Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Hasil Kegiatan Redistribusi Tanah kepada warga bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado.


Penyerahan sertifikat tanah itu,  sehubungan dengan selesainya rangkaian kegiatan Redistribusi Tanah kota Manado T.A. 2022, dimana turut hadir   dalam kegiatan tersebut Kakanwil Pertanahan Sulut Lutfi Zakaria S.I.P.,M.A, Kajari Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, Kepala Kantor Badan Pertanahan Kota Manado Drs. Alexander R. Wowiling M.Si, Asisten II Atto Bulo, para pejabat Pemerintah Kota lainnya  Anggota Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) Kota Manado serta undangan mewakili masyarakat Kota Manado yang berada di Pandu Relokasi.


Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian laporan kegiatan yang disampaikan Kepala Kantor Badan Pertanahan Kota Manado. Selanjutnya sambutan Kakanwil Badan Pertanahan Provinsi Sulut yang menyampaikan bahwa redistribusi untuk kota Manado adalah bagian dari penyelesaian masalah tanah. 


"Kota Manado sangat baik sebab redistribusi ini diperuntukan untuk warga relokasi bencana yang merupakan satu-satunya di Indonesia," kata Kakanwil seraya menambahkan bahwa akan dilanjutkan nanti dengan redistribusi tanah bagi masyarakat di Pulau Bunaken yang sebelumnya berada dilokasi Kawasan Hutan Lindung. Sudah 118 ribu jumlah estimasi bidang tanah dan sekitar 80 % tanah yang sudah bersertifikat,”ujar Kakanwil.

 

Selanjutnya penyerahan sertifikat tanah secara simbolis kepada 8 warga. Penyerahan Sertifikat itu dilakukan langsung oleh Walikota Manado didampingi Wakil Walikota Manado, Kakanwil Badan Pertanahan Sulut dan Kepala Kantor Badan Pertanahan Manado.


Walikota dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak sehingga dapat menyerahkan sertifikat tanah redistribusi ini khususnya di area Pandu Relokasi. Walikota juga berterima kasih kepada warga masyarakat yang tinggal di Pandu Relokasi yang sudah ikut serta dalam kegiatan program yang sudah bermukim di Pandu Relokasi.



Menurut Walikota, yang telah disampaikan oleh Kakanwil Pertanahan perlu digaris bawahi, terkait pemanfaatan sertifikat tanah ini. Ditambahkan juga mengenai pembuatan KTP bagi masyarakat di Pandu Relokasi sudah sedang disiapkan oleh Pemerintah. 


Dijelaskan juga mengenai peningkatan status Pandu Relokasi ini untuk persiapan menjadi Kelurahan baru kedepan dengan membentuk dua lingkungan pada tahap awal bagi dua ribuan rumah yang ada di Pandu relokasi. 


Ditambahkan Walikota untuk perbaikan infrastuktur termasuk pengadaan air bersih sementara diupayakan oleh pihak PDAM, termasuk pengadaan transportasi keluar masuk perumahan Pandu Relokasi untuk kepentingan warga.


Diakhir sambutan Wali Kota berharap agar semua dapat menjaga kenyamanan dan keamanan Kota Manado, khususnya hidup rukun bagi masyarakat yang berada di Pandu Relokasi dan umumnya seluruh warga kota Manado.


Joppy Senduk


×
Berita Terbaru Update