Notification

×

Iklan

Iklan

Dari Mulut ke Mulut, Benarkah Mayjen Yulius Komaling Bakal di Calonkan Gubernur Sulut?

Rabu, 22 Februari 2023 | 23:53 WIB Last Updated 2023-02-22T17:37:36Z



tampak Prabowo Subianto sedang memberikan instruksi kepada Mayjen Yulius Komaling (kanan) loreng menggunakan masker putih


MANADO KOMENTAR-Kehdairan Jendral (Pur) Yulius Selvanus Komaling di Sulawesi Utara, santer menjadi pembicaraan di berbagai ruang publik, termasuk di kota Manado.


Sejumlah politisi yang kebanyakan nongkrong di sejumlah rumah kopi di Manado, tertarik membicarakan kehadiran Jendral Bintang dua berdarah Desa Kakas kabupaten Minahasa itu.


Tak jarang mereka mulai mengkaitkan Yulius Selvanus Komaling dengan pesta politik tahun 2024 mendatang, padahal setiap kali dia muncul di ruang publik, tak pernah membicarakan tentang politik sedikitpun.


Bahkan ada yang berani berujar bahwa mantan Kepala Kopasus Grup 1 Serang tahun 2010 sampai 2012 itu, layak untuk dicalonkan sebagai Gubernur Sulut 2024 mendatang.


Dari mulut kemulut, lelaki yang pernah menjabat sebagai Wakil Komandan BIN Daerah Kepulauan Riau tahun 2016 itu, sedang mengemban tugas khusus dari Menhan Probowo Subianto selaku Ketum Partai Gerindra.


Tidak hanya itu, Yulius Selvanus komaling yang pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) tahun 2004-2005) itu, disebut sebut memiliki kedekatan khusus dengan Prabowo Subianto.

Lalu apakah, lelaki jebolan Akabri tahun 1985-1988 itu benar ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulut tahun 2024 mendatang?. 


Dari penelusuran wartawan komentar.co.id, Yulius Selvanus komaling, lebih banyak bicara soal olahraga catur yang tidak lain adalah olahraga favoritnya. Disetiap kesempatan lelaki kelahiran 17 September 1963 itu, bahkan menyampaikan kerinduannya untuk membangun sebuah sekolah tempat belajar catur, dengan niat menjadikan putra-putri Sulut menjadi Master.


Dan untuk mengembangkan olahraga catur di Sulawesi Utara, purnawirawan TNI-AD itu berenccana memboyong Master Fide (MF) Johan Gunawan, untuk menjadi instruktur catur di Sulut.


Bahkan ketika turnamen catur ODSK beberapa waktu lalu, MF Johan Gunawan sengaja didatangkan Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling sekaligus ikut dalam Turnamen ODK guna menjajal master-master catur ternama di Sulut.


Sebelumnya, MF Johan juga turut membantu Pelatih Jefri  selama membimbing atlit-atlit catur yunior Sulut sebelum berlaga di Turnamen Fide Riting di Tangerang Banten dan lewat polesan sang MF Johan, membuahkan hasil, dimana Atlit Catur Yunior perempuan asal Sulut bernama Maria, berhasil mengharumkan nama Sulut dengan meraih juara pertama.


”Saya punya cita-cita mulia, yaitu melahirkan pemain-pemain catur terbaik di Sulut.  Untuk itu, saya akan datangkan Master Fide Johan Gunawan. Maknya tolong doakan agar saya diperkenankan Tuhan untuk membangun sebuah tempat belajar catur di Manado,”ungkapnya.


Ditanya mengenai misi poilitiknya di Sulawesi Utara, Jendral yang juga berdarah Toraja itu, hanya tersenyum.”Yang pasti saya punya tugas khusus dan mulia di Sulut. Tugas pertama adalah menjadikan Probowo Subianto sebagai pengumpul suara presiden terbanyak di Sulut. Itu dulu. Yang lain kita lihat nanti ya?,”tandas lelaki yang punya kebiasaan menggelar lomba catur di tuang-ruang publik ini. 


Joppy Senduk


×
Berita Terbaru Update