Notification

×

Iklan

Iklan

Kejati Sulut Serahkan Aset PT Air kepada Walikota Manado Andrei Angouw

Kamis, 03 November 2022 | 19:25 WIB Last Updated 2022-11-03T11:25:41Z


MANADO KOMENTAR-Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara menyerahkan aset PT Air Manado kepada Walikota Manado Andrei Angouw bertempat di kantor Kejaksaan Tinggi Sulut jalan 17 Agustus Manado, aset tersebut sebelumnya disita oleh Kejaksaan untuk kepentingan penyelidikan.


Walikota Manado didampingi Asisten II Bidang Perekonomian Atto R.M Bullo SH.M.M, Direktur Utama PT Air Manado Tonny Kulit dan Direktur Utama PDAM Meiky Taliwuna diterima oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Bpk. Edy Birton S.H,M.H di ruang kerjanya.


Proses peralihan penitipannya aset tersebut dilakukan penandatanganan Berita Acara antara Pemerintah Kota Manado lewat Walikota Andrei Angouw dan Kejati Sulut.


Hadir dalam penandatanganan Berita Acara Penyerahan Aset ini Asisten II Atto Bulo, S.H.,M.M, Direktur PDAM Melky Taliwuna, Dewan Pengawas PDAM, Direktur Perencanaan dan Keuangan PD Pembangunan Sulut  Bpk. Tonny Kulit yang saat ini dipercayakan sebagai Direktur utama PT Air Manado, Direktur Operasional PD Pembangunan Sulut Jost Sepang dan BKAD Provinsi Sulut Wens Matindas.


Usai penandatanganan penyerahan Aset PT Air Manado di Kantor Kejati Sulut, Walikota bersama rombongan melanjutkan pertemuan di Kantor PT Air Paal 2 Manado. Pertemuan di PT Air Manado dihadiri jajaran Direksi serta Karyawan dan Karyawati untuk mendengarkan Penjelasan Pihak Kajati Sulut terkait dengan penyidikan yang telah dilakukan Kejaksaan Tinggi Sulut terhadap PT Air Manado. 


Kejaksaan Tinggi Sulut dalam pertemuan ini menyampaikan latar belakang terjadinya penyitaan aset karena masih ditemukan adanya indikasi terhadap kegiatan-kegiatan KKN dalam penyidikan yang dilakukan. Adapun Peralihan Penitipan Pengelolaan Barang Bukti kepada Pemerintah Kota Manado, PD Pembangunan Sulut dan PDAM Manado.

Kepala Seksi Penyidikan Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Parsaoran Simorangkir, S.H., M.H. pada pertemuan ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan penyitaan terhadap aset-aset PT Air terkait dengan proses penyidikan perkara ini yang sebelumnya melakukan penitipan kepada PD pembangunan Sulut untuk diawasi selama 10 bulan.

Simorangkir menjelaskan, dalam pengawasan yang dilakukan oleh Kejati Sulut terkait dengan operasional PT Air maupun PDAM itu dilakukan beberapa evaluasi, dan dari hasil evaluasi yang didapatkan ada beberapa hal-hal yang penting yang ditemukan.

“Untuk pelayanan air bersih kepada masyarakat kedepannya agar lebih baik maka kami mengalihkan penitipan aset barang bukti, tolong digaris bawahi barang bukti sitaan berupa hasil-hasil dikelola oleh pemerintah Kota Manado dan PDAM Manado,” jelas Simorangkir. “Kami sampaikan bahwa kami melakukan peralihan penitipan barang bukti aset ini kepada pemerintah kota Manado dan terkait dengan status karyawan kami berharap dalam klausul berita acara penutupan itu dilaksanakan,” tambah kasie Pidsus ini.

Penyelesaian perkara saat ini masih terus dalam penyidikan pihak Kejati Sulut. Menurutnya, hasil evaluasi yang kami dapat selama ini masih kami temukan ada indikasi-indikasi perbuatan yang mengarah kepada kolusi, ucapnya.

Walikota ketika memberikan tanggapan atas apa yang telah disampaikan pihak Kejakasaan Tinggi Sulut pada intinya, meminta kepada karyawan dan karyawati PT Air untuk fokus pada pekerjaan mereka. "Fokus saja pada pekerjaan pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan air bersih. Ini komitmen kita untuk kepentingan masyarakat," kata Walikota.

Menurut Walikota, masih banyak masyarakat Kota Manado yang belum terlayani dengan air bersih, sambil memberikan data pelayanan Air Bersih di Kota Manado. Walikota berharap bahwa kita fokus bekerja dan jangan resah. "Kita berusaha meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat Kota Manado," kunci Walikota.

Hadir dalam pertemuan di PT Air Manado, Pihak Kejaksaan Tinggi Sulut, Asisten II Kota Manado, Kadisnaker Manado, Dirut PT Air, Dirut PDAM Manado, direksi PT Air dan PDAM Manado serta pejabat teknis lainnya.

Jose


×
Berita Terbaru Update