Notification

×

Iklan

Iklan

Bart Assa: Pemkot Manado Hemat Anggaran BBM Hingga Rp7 miliar

Rabu, 14 September 2022 | 03:58 WIB Last Updated 2022-12-15T20:01:15Z



MANADO KOMENTAR-Pemerintah kota Manado melakukan langkah penghematan anggaran dengan menekan pengeluaran anggaran bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan dinas (Kendis) pejabat di lingkungan pemerintah kota Manado.


Hal ini dibenarkan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Manado, Peter KB Assa, bahkan Assa mengaku, dengan memangkas anggaran BBM kendis pejabat, Pemkot Manado mempu menghemat anggaran hingga Rp7 miliar dalam APBD.



“Alokasi anggaran untuk BBM kendaraan dinas satu tahun sebesar Rp17 miliar, mampu ditekan hingga Rp7 miliar saja. Ini dilakukan atas ide brilian Pak Walikota Andrei Angouw,”ungkap Assa di Manado Senin (13/09/2022).



Dijelaskan Assa, penekanan anggaran kendis itu, terprogram lewat aplikasi si-Kendis. “Untuk anggaran BBM para pejabat di Pemkot Manado dimonitor lewat aplikasi si-Kendis sehingga semua pengeluaran anggaran BBM tidak bisa disiasati lewat nota dari SPBU. Pak Walikota dan Wawali sangat hati-hati soal pengeluaran keuangan. Jadi penggunaan BBM akan sesuai dengan jarak tempuh kendaraan,”ujar Assa.


Menariknya setiap kali kendaraan melakukan pengisian BBM aplikasi akan tau kilometer kendaraan ada di angka berapa.“Jadi akan diketahui saat isi BBM posisi kilometer kendaraan ada di angka berapa. Nah kendaraan itu tidak bisa mengisi BBM lagi bila jarak tempuh belum sesuai,”jelas Assa.


Dia mengatakan aplikasi ini baru diterapkan sejak bulan Mei lalu. Namun pengeluaran APBD untuk BBM pejabat diproyeksikan dapat ditekan hingga Rp 7 miliar atau bahkan 50 persen.


“Makanya di APBD 2023 nanti anggaran BBM hanya akan ditata sebesar Rp 10 miliar bukan lagi Rp 17 miliar,”tandasnya.


Jose


×
Berita Terbaru Update