Notification

×

Iklan

Iklan

Final Catur Wil. Mapatu, G-Musafir Menang 2-1 Atas G-Rondor, Pnt Devy: Semua untuk Kemuliaan Nama Tuhan

Senin, 18 Juli 2022 | 21:28 WIB Last Updated 2022-07-18T13:28:32Z


MANADO KOMENTAR-Badan Pekerja Majelis Wilayah BPMW Mapanget Satu, menggelar berbagai kegiatan lomba seni dan olah raga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun  HUT  ke-43 Gmim Wilayah Mapanget Satu.



Kegiatan olah raga dibuka lewat kegiatan jalan sehat lalu dilanjutkan dengan pertandingan  bulutangkis yang dipusatkan di gelanggang olehraga Jelez kairagi.


Pertandingan olahraga lainnya adalah lomba catur yang diikuti oleh 11 Jemaat se-Wilayah Mapanget Satu.


Kegiatan yang dipusatkan di pelataran Gmim Rondor Paniki Bawah itu berlangsung ketat karena sebagian tim adalah jebolan HAPSA 2022.


Sistim pertandingan yang menggunakan sistim gugur itu awalnya mempertemukan Tim Gmim Exodus dan Gmim Musafir Paniki Baru di pool B dimenangkan oleh Gmim Musafir dan Gmim Stefanus asuhan Ketua P/KB Wilayah Mapatu Pnt. Joseph Kopalit tumbang di babak pertama setelah di gasak Gmim Damai.


Sementara di Pool A mempertemukan Gmim Petra  dan Gmim Logos Kilu Permai dan  dimenangkan oleh Gmim Logos yang dihantar langsung oleh Pnt. Roy Rambi.


Selanjutnya di Pool A lainnya mempertemukan Tim Gmim Siloam dan Zebaoth Paniki Bawah dan dimenengkan oleh Zebaoth yang langsung mendapat satu tiket ke babak 4 besar.



Gmim Rondor yang mendapat undian bye langsung ke babak 8 besar dan bertemu dengan Gmim Logos yang sebelumnya menang atas Petra Paniki Bawah.



Pertandingan ke duanya dimenangkan oleh Gmim Rondor selaku tuan rumah sekaligus lolos ke babak semi final bersama Gmim Zebaoth di Pool A.



Sementara Gmim Musafir harus berjuang menghadapi Syalom Paniki Atas, melalui pertandingan yang cukup ketat , akhirnya dimenangkan oleh Gmim Musafir dan lolos ke Semi Final bersama Gmim Damai Sejahtera yang membabat Gmim Puri Eden di babak 8 besar.



Semi Final mempertemukan Gmim Damai Paniki Atas dan Gmim Musafir Paniki Baru di Pool B dan Gmim Rondor bertemu Gmim Zebaoth asuhan Pnt. Christian Montong.




Gmim Musafir yang pimpin langsung oleh Ketua P/KB Pnt. Joppy Senduk  cawalnya kehilangan peluang setelah papan 1 mengalami kekalahan, dengan demikian Gmim Damai Sejahtera untuk sementara menang 1-0 atas Musafir.


Dipapan 3 Pnt. Joppy Senduk akhirnya mampu menunjukan kelasnya sebagai pemegang rengking ke-3 kompetisi Wartawan se-Sulut dengan mengalahkan salahsatu pemain Damai Sejahtera. 


Kedudukan berubah menjadi 1-1, pertandingan yang sangat menentukan untuk lolos kebabak final itu ditentukan lewat pertandingan dipapan 2 dimana Musafir diwakili oleh Sekretaris PKB Jemaat Agi Lembapore.



Lewat pertandingan yang lumayan ketat, Agi Lembapore akhirnya memberikan kemengan ke dua untuk Musafir dan berhak untuk satu tiket ke babak final dengan kemenangan 2-1 atas Gmim Damai Sejahtera.



Semetara itu Gmim Rondor sebagai tuan rumah juga menang atas Zebaoth dengan angka 3-0, dengan demikian dalam final mempertemukan Gmim Musafir dan Gmim Rondor asuhan Ketua P/KB Pnt. Dr. John Budiman yang juga Sekretaris P/KB Wilayah Mapatu.


Adu strategi lalu dilakukan oleh dua tim untuk menentukan pemain papan 1, papan 2 dan papan 3. Setelah dilakukan undian Gmim Musafir menempatkan Pnt. Joppy Senduk di papan 1, Ag Lembapore papan 2 dan Marthin papan 3.


Sementara itu, Tim Catur Gmim Rondor menempatkan Berty Tulus di papan 1, Frenly Rau papan 2 dan Johanis Rotinsulu di papan 3.


Baru 10 menit pertandingan dimulai, Gmim Rondor membuka peluang untuk menjuarai loba catur tersebut lewat kemenagan di papan 3 atas nama Drs. Johanis Rotinsulu atas Marthin.


Pertandinagn di papan 2 antara Pnt. Joppy Senduk (Jose) dan Berty Tulus berlangsung sangat ketat lantaran keduanya pernah bertemu dalam iven yang sama 5 tahun silam.


Disaksikan langsung oleh Ketua Panitia Pelaksana Pnt. Devyanus Ch. N Polii. SE dan Ketua P/KB Dr John Budiman, Ketua Panji Yosua  dan Waka Leo Kiolol, Berty Tulus bermain sangat cemerlang. Hanya saja, berkat keuletan Pnt. Jose, sedikit demi sedikit mulai melakukan penekanan di areal pertahanan Berty Tulus yang menggunakan buah putih.


Hasilnya, Pnt. Jose mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setalah pada langkah ke-37 mampu membuat Berrty Tulus menyerah.


Penentuan pemenang akhirnya tertuju pada papan 2 antara Agi Lembapore dan Frenly Rau. Diakhir-akhir pertandingan seharusnya Frenly Rau mempu memenangkan pertandingan, tetapi karena perhitungan yang kurang matang, akhirnya harus menyerah dan merelakan kemenangan untuk Agi Lembapore, sekaligus memberikan kemenangan kepada Gmim Musafir Paniki Baru.


Lewat kemenangan itu, Gmim Musafir berhasil menambah satu medali emas, setelah sebelumnya tim Bulutangkis yang di pimpin Pnt. Am Tommy Dotulong meraih kemengan atas lawan-lawannya dan berhak untuk medali emas.


Lomba bacirita anak sekolah minggu  juga dikabarkan mampu menyumbangkan medali perak untuk Gmim Musafir. Dengan demikian Gmim musafir telah mengumpulkan 2 Medali Emas dan 1 Medali Perak sekaligus memimpin kelasemen sementara.


Ketua Panitia Pelaksanana   Pnt. Devyanus Ch. N Polii. SE, memberikan apresiasi kepada seluruh peserta baik seni dan olehraga yang sudah dan sedang mengambil bagian dalam kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-43 Gmim Wilayah Mapanget satu.


“Yang utama dalam kegiatan ini adalah kebersamaan dalam pelayanan. Tapi apabila ada Jemaat yang berprestasi tentu perlu mendapat apresiasi. Yang menang tentu adalah tim yang mempersiapkan diri dalam lomba. Sama halnya ketika kita akan menjadi kadhim. Jika kita mampu mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh tentu Tuhan akan memperlengkapi kita. Jadi pelayanan itu bukan saja ketika kita memimpin atau mengikuti Ibadah. Ikut dalam kegiatan Gerejawi juga adalah Ibadah,”jelas lelaki yang akrab disapa Pena Deavy ini.


Selanjutnya Pena Devy berharap, Jemaat yang berprestasi agar dapat meneruskan prestasi kejenjang yang lebih tinggi yakni kegiatan rayon dan kegiatan Sinode.


“Prestasi yang sudah diraih hendaklah terus diasah sehingga dalam kegiatan Rayon dan Sinodal kita mampu kembali berprestai mewakili Wilayah Maptu ataupun mewakili Jemaat. Semua itu untuk kebesaran nama Tuhan. Sementara yang belum berkesempatan menang tentu tidak boleh kecewa, teruslah berlatih sehingga dalam kegiatan tingkat wilayah berikutnya kita boleh ikut mengharumkan nama jemaat masing-masing,”tandas Pena Devy yang dalam tugas kesehariannya adalah Kepala Kantor Pajak Pratama Manado.


Joppy Senduk

 


×
Berita Terbaru Update