Notification

×

Iklan

Iklan

Ada Pungli di Disdukcapil, Mantiri Geram "Kami Tidak Akan Mentolelir Praktek Seperti Ini"

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:31 WIB Last Updated 2022-01-18T05:31:35Z

 


BITUNG KOMENTAR-Sidak mendadak, Mantiri Temukan Pungli di kantor dinas kependudukan dan catatan sipil kota Bitung, Selasa (18/01/2022) tepat pukul 08.30 Wita.


Dari informasi yang di dapati media ini, di sinyalir pengurusan administrasi kependudukan memanfaatkan peran calo dan orang dalam dari dinas dukcapil sendiri. 


SB (28) alias Sisilia, warga Girian Atas korban pungli ketika ditemui komentar.co.id mengungkapkan dirinya ditipu uang sebesar Rp 1 juta untuk pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).



"Saya dimintai uang 1 juta oleh Musdalifah teman saya yang katanya uang tersebut guna memperlancar pengurusan KK dan KTP dan kemudian akan diserahkan kepada Sely salah satu petugas disdukcapil pada hari Rabu minggu lalu, usai diberikan uang 1 juta dia (Musdalifah-red) meminta kembali uang Rp. 200 ribu guna keperluan rekam foto, tapi belum sempat kaya berikan," ungkap Sisilia.


Menyikapi pungli tersebut, Walikota Bitung ir. Maurits Mantiri, MM., Geram, kami tidak akan mentolerir praktek - praktek seperti ini, disaat kami sementara fokus untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat ternyata masih ada oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab apalagi membuat masyarakat jadi susah.


"Saya sudah perintahkan inspektur untuk langsung lakukan pemeriksaan dan jika ditemukan memang ada oknum orang dalam baik itu ASN atau THL yang terlibat, saya minta kepala BKPSDM segera ambil tindakan tegas," ujar Mantiri.


Lanjutnya, saya juga menghimbau kepada seluruh jajaran pemerintah kota Bitung HATI - HATI DAN STOP melakukan hal-hal yang dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah khususnya terkait pelayanan publik, berikan pelayanan yang terbaik bukan justru menyusahkan!.


"Kami, menghimbau masyarkat untuk tidak lagi memberikan peluang kepada oknum - oknum yang kurang bertanggung jawab seperti calo melakukan pengurusan surat - surat apapun, ikuti prosedur yang berlaku sesuai ketentuan, apabila dipersulit silahkan langsung laporkan kepada kami, pasti akan segera kami tindak lanjuti," tegas Mantiri saat melakukan sidak mendadak di kantor dinas kependudukan dan catatan sipil.

×
Berita Terbaru Update