Notification

×

Iklan

Iklan

Tidak Capai Target. Realisasi Pendapatan Lewat PBB, PPJU dan Kebersihan Mengkhawatirkan

Senin, 25 Oktober 2021 | 23:12 WIB Last Updated 2021-10-25T15:12:56Z


MANADO KOMENTAR-Pendapatan lewat Pajak Bumi dan Bangunan mengkhawatirkan. Demikan ditegaskan Walikota Manado Andrei Angouw, dalamdihadiri Kepala Bapenda Harke Tulenan.


Rapat yang terfokus pada pembahasan mengevaluasi Capaian dan realisasi pajak serta upaya-upaya yang sedang dilakukan Bapenda Kota Manado saat itu, dilaksanakan pada hari Senin (25/10/2021), dan dihadiri oleh Wakil Walikota Richard Sualang, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler C.S. Lakat, Staf Ahli dan Pejabat Teknis Badan Pendapatan Daerah Kota Manado.


Sekretaris Bapenda berkenan melaporkan Realisasi pendapatan dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak parkir, pajak air tanah, PBB, BPHTB dan PPJ PLN dan Non PLN mulai dari  Bulan September dan Oktober 2021. 



Menanggapi laporan pelaksanaan dilapangan yang disampaikan pihak  Bapenda, Walikota menggarisbawahi beberapa hal yang harus disikapi adalah membangkitkan kesadaran masyarakat Wajib Pajak membayar.


Lalu Walikota berharap agar pajak-pajak dapat dioptimalkan mulai bulan berjalan dnegan cara menganalisa potensi pajak dilapangan.



Khusus untuk pendapatan dari sektor PBB menjadi perhatian Walikota,  sebab realisasinya sangat mengkhawatirkan. Demikian halnya dengan PPJU dan Retribusi Kebersihan ikut dikoreksi Walikota karena targetnya jauh dari sebelumnya.



Wakil Walikota Bpk. Richard Sualang menambahkan bahwa pajak-pajak tempat hiburan termasuk PBB agar didorong untuk pembayarannya. 




"Kawan-kawan di Bapenda harus berinovasi agar adanya kewajiban dari wajib pajak untuk melakukan pembayaran, kata Wakil Walikota. 



Walikota menambahkan harus ada trik-trik dilapangan dalam rangka mendorong wajib pajak agar mereka intens membayar. 



"Harus lebih intens agar wajib pajak termotivasi untuk membayar, supaya PAD yang masih ketinggalan ini dapat dikejar," saran Walikota.



Walikota mewarning agar ada pengawasan dilapangan terhadap wajib pajak sembari memberikan beberapa contoh tentang rumah makan.

Walikota mempersilahkan Bapenda berkoordinasi dan bekerjasama dengan Kaling-Kaling di lapangan supaya lebih intens untuk mendorong pembayaran pajak.



Rapat rutin evaluasi Pendapatan Daerah ini dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat. Makanya sebelum dilaksanakan rapat, semua peserta rapat diharuskan mengikuti Swab Antigen terlebih dahulu untuk memastikan bahwa yang akan ikut rapat memiliki hasil Negatif ketika di tes Swab Antigen.



Yohanis Batara Randa



×
Berita Terbaru Update