Notification

×

Iklan

Iklan

MM-HH Dukung Pelaksanaan Program Langit Biru Pertamina

Selasa, 28 September 2021 | 19:39 WIB Last Updated 2021-09-29T17:14:19Z

 


BITUNG KOMENTAR- Walikota Ir. Maurits Mantiri, MM., Hadiri pelaksanaan program langit biru (PLB) yang dijalankan oleh Pertamina, Senin (27/9/2021) kemarin.


Diketahui Program ini bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara.


Dikesempatan itu, Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM., menyampaikan dukungan penuh program langit biru sebagai upaya pengendalian pencemaran idara pertamina tersebut.


"Kami, Pemerintah Kota Bitung menyampaikan terima kasih kepada Pertamina dan mendukung pelaksanaan program langit biru sebagai upaya pengendalian pencemaran udara, apalagi kita di Bitung memiliki kawasan cagar alam tangkoko" kata Maurits.


Mantiri juga berharap kiranya program ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat kota Bitung, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan, karena ini juga merupakan tanggung jawab kita bersama.


Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan bahwa Program Langit Biru (PLB) Pertamina merupakan program yang dilaksanakan sesuai dengan amanat Pemerintah untuk mengendalikan pencemaran udara sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, terutama yang bersumber dari kendaraan dengan tujuan meningkatkan kualitas udara yang lebih bersih dengan mengurangi emisi gas buang kendaraan melalui edukasi dan promosi untuk mengajak masyarakat merasakan manfaat dan pengalaman dalam menggunakan BBM berkualitas dengan oktan tinggi dan ramah lingkungan. 


Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia nomor P.20/MenLHK/Setjen/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Standard Euro 4 yang dilaksanakan dalam rangka mendukung penurunan emisi karbon dan mengurangi polusi udara.


Program nasional ini dilakukan secara serentak, dimana untuk Provinsi Sulawesi Utara dimulai pada tanggal 26 September 2021. Pada implementasi PLB kali ini, Pertamina memberikan promo bagi konsumen untuk merasakan pengalaman berkendara menggunakan BBM jenis Pertalite (RON 90) dengan harga lebih hemat Rp1.000,- per liter khusus bagi konsumen kendaraan roda dua, roda tiga serta kendaraan umum roda empat plat kuning.


"Seperti kita ketahui, pabrikan kendaraan sudah mensyaraatkan kendaraan keluaran tahun 2000an keatas menggunakan BBM oktan tinggi tanpa timbal karena teknologi yang terus berkembang. Karenanya, Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas dan menghimbau masyarakat untuk dapat menggunakan BBM sesuai dengan spesifikasi kendaraan sama dengan yang tertera di _manual book_ kendaraan," terang Laode Syarifuddin.






×
Berita Terbaru Update