Notification

×

Iklan

Iklan

Sholat Idul Adha 1445 H di Polda Sulut Berlangsung Khidmat

Selasa, 18 Juni 2024 | 13:04 WIB Last Updated 2024-06-19T05:07:24Z


MANADO, KOMENTAR– Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 H, di Lapangan Presisi Polda Sulawesi Utara (Sulut), pada Senin (17/6/2024) pagi, berlangsung khidmat.


Bertindak selaku Imam adalah Bripda Ahmad Matara, dengan Khatib Faisal Sabaya. Sholat diikuti oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan dan para Pejabat Utama Polda Sulut bersama keluarga serta masyarakat.


Khatib Faisal dalam khotbahnya mengangkat tema, Meneladani Kehidupan Keluarga Nabi Ibrahim AS. Dikatakannya, Idul Adha adalah momentum yang sangat spesial, sangat diistimewakan oleh agama Islam.


Lanjutnya, keistimewaan tersebut terletak pada tiga hal utama yang tidak ditemukan di hari-hari lain, yang tidak didapatkan di hari raya-hari raya yang lain kecuali hanya dapat ditemukan di Hari Raya Idul Adha ini.


“Yang pertama adalah, tuntunan kebahagiaan dengan menunaikan sholat dua rakaat yang kita tunaikan. Kedua, terkait dengan ibadah ritual kurban yang hikmahnya menanamkan kedalaman dan kedekatan kita terhadap Allah SWT,” kata Khatib Faisal.


Dan hal yang ketiga, sambungnya, mungkin banyak dilupakan oleh sekian orang. Setiap datang Idul Adha kita hanya fokus mencari tahu kapan waktu sholat Id-nya, hanya fokus mempersiapkan baju apa yang akan kita gunakan, hanya fokus dengan hewan apa yang akan disembelih.


“Tetapi pada poin yang ketiga inilah sesungguhnya hikmah terbesar kenapa Idul Adha selalu diulang setiap tahunnya. Yaitu hikmah meneladani kehidupan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya untuk kita nilai ke dalam diri kita, dan untuk kita praktekkan dalam kehidupan kita, dan dengan itu kita mendekatkan diri kepada Allah SWT,” jelas Khatib Faisal.


Sementara itu Kapolda Sulut usai sholat mengatakan, Nabi Ibrahim AS bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail AS sebagai wujud kepatuhan dan kecintaan terhadap Allah SWT. 


“Kita sebagai umat beragama, apapun agamanya, harus selalu mencintai Tuhan yang telah menciptakan kita, yang sudah memberikan kita kehidupan. Kemudian terkait sikap rela berkorban, kami sebagai anggota Polri tentu saja harus melakukan tugas pokok melayani dan melindungi masyarakat dengan sebaik-baiknya,” singkat Irjen Pol Yudhiawan.


Usai pelaksanaan sholat, dilanjutkan dengan penyerahan dan penyembelihan hewan kurban Polda Sulut, di halaman belakang Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut, Karombasan, Manado.


Hewan kurban diserahkan secara simbolis oleh Kapolda Sulut, Wakapolda, dan Irwasda kepada Ketua Panitia Idul Adha 1445 H Polda Sulut AKBP Muslikan. 


Adapun jumlah hewan kurban yang terkumpul di Polda Sulut pada tahun ini sebanyak 17 ekor sapi. Setelah disembelih, daging hewan kurban akan disalurkan kepada yang berhak menerima.(*dax)

×
Berita Terbaru Update