Notification

×

Iklan

Iklan

Pengelolaan Keuangan Pemkot Bitung Mengecewakan, ASN Turun Ke Jalan Protes Kebijakan Walikota

Kamis, 13 Juni 2024 | 19:49 WIB Last Updated 2024-06-13T11:49:23Z


BITUNG KOMENTAR, Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kota Bitung, Menggelar aksi Demonstrasi Damai sebagai wujud kekecewaan mereka terkait pembayaran sejumlah item kesejahteraan, yang belum direalisasikan Pimpinannya, Kamis (13/6).


Masa Aksi yang menamakan diri, Solidaritas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, menggelar aksi damai dengan menggunakan kendaraan tronton dan berorasi didepan kantor Walikota Bitung, sambil menyanyikan lagu2 mendukung aspirasi mereka.


Sejumlah tuntutan masa aksi terdengar dari orasi, yakni menuntut pembayaran THR, Gaji Ke-13, Gaji 14, TPP, 50% Tambahan Sertifikasi, Tamsil Guru, Gaji THL, Gaji TKK Jasa Persalinan Bidan, Insentif Totor.





Noldy Kalengkongan Salah satu Koordinator Pendemo menegaskan, aksi ini murni gerakan hati ASN, yang mulai kesulitan membiayai kebutuhan keluarga, karena sejumlah penghasilannya ditahan atau belum diberikan pemerintah kota. 


“ Ini bukan kebencian. silahkan belah lah tubuh kami. Ini murni karena desakan suara hati dan tangisan anak2 dan istri kami dirumah”. Ungkapnya. 


Hal ini tercermin dari sejumlah spanduk yang dibentangkan masa aksi. Mereka membentangkan karton-karton yang tertulis, “ Bayarkan Hak Kami Karena Kami Butuh Biaya Sekolah, atau Senyummu Adalah Tangis Kami, ataupun spanduk jangan Berdusta Berdosa!!. 


Bahkan, para ASN meminta bantuan presiden, dengan spanduk Bapak Presiden Republik Indonesia Jokowi Tolong Kami ASN Kota Bitung.


Pantauan media, aksi yang digelar sejak jam 11 siang tersebut, menarik perhatian warga masyarakat. Kepolisian dan Dinas Perhubungan terpaksa menutup satu jalur kendaraan menuju kantor Walikota. 


Puluhan aparat keamanan yang terdiri dari Kepolisian, Marinir Yonmarhanlann, dan Polisi Pamong Praja terlihat bersiaga penuh mengawal masa aksi.


Ironisnya, meski menggelar mimbar bebas didepan kantor Walikota, aspirasi ASN tidak digubris Walikota Sebagai penentu utama kebijakan anggaran dilingkungan pemerintah daerah, sesuai fungsinya sebagai Wakil Pemerinrah Pusat di Daerah. 


Masa  mengharapkan ada penjelasan terbuka dari instansi tehknis, dan atau pimpinan kota meski medelegasikannya kepada pejabat lain. 


Masa akhirnya melanjutkan aksi ke kantor DPRD Bitung. Tiba Digedung Kerucut, massa diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Bitung, Keegan Kojoh, Nabsar Badoa, Ketua Komisi II, Erwin Wurangian, Ketua Komisi III, Ramlan Ifran dan anggota Pansus, Alexander Wenas.


Satu per satu Para pendemo menyampaikan aspirasi. Dan ditanggapi. Kesimpulan dari aksi damai,  Wakil Ketua DPRD Kota Bitung Keegan Kojoh memastikan dilaksanakan RDPU dengan pemerintah kota. 


“Secepatnya kita jadwalkan RDPU dengan Kaban BKAD.,”kata Keegan dihadapan para massa. 


Setelah menyepakati waktu pelaksanaan RDPU, masa yang terdiri dari ASN, Guru, Bidan dan sejumlah unsur THL Pemkot Bitung, membubarkan diri dengan tertib. (**).


×
Berita Terbaru Update