Notification

×

Iklan

Iklan

Wakili Kapolres Minahasa, Kabag Ops AKP Rudy Repi Pimpin Jumat Curhat di Desa Karor Lembean Timur

Jumat, 05 Mei 2023 | 20:00 WIB Last Updated 2023-05-05T12:00:14Z


Minahasa, Komentar.co.id -
Polres Minahasa  kembali menggelar kegiatan Jumat Curhat di Desa Karor Kecamatan Lembean Timur, Jumat (5/5/2023).


Kegiatan itu dipimpin oleh Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana ,SIk,SH,MM, yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Minahasa AKP Rudy Repi S.Sos, didampingi Kasat Binmas Iptu Robby Wongkar.



Kabag Ops AKP Rudy Repi, dalam sambutannya mengatakan, Puji Tuhan pada saat ini boleh bertemu dengan para pejabat pejabat orang-orang hebat yang ada di kecamatan Lembean Timur ini.



"Suatu kepercayaan bahwa saya mewakili Bapak Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana ,SIk,SH,MM, boleh bertemu dengan orang-orang hebat di tempat ini," kata Kabag Ops Rudy Repi.


Kegiatan Jumat Curhat ini lanjut dia, selain bertujuan untuk mempererat silaturahmi juga untuk mengimplementasikan bahwa Polri hadir di tengah masyarakat. Ia pun memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk curhat tentang Kamtibmas juga pelayanan kepolisian.


"Silahkan yang mau bertanya, saya akan menjawab semampunya, selebihnya apabila saya belum bisa menjawab akan ditampung dan melaporkan kepada pimpinan, (Kapolres,red)," katanya.


Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan Jumat Curhat, hal itu terlihat dari banyaknya sejumlah usulan maupun keluhan yang disampaikan.



Salah-satu usulan datang dari Hukum Tua Kayu Roya, Jok Lomban, dia mengatakan pemerintah desa sangat prihatin karena di lembean timur ini dari dulu sampai sekarang tidak ada mobil Patroli Kepolisian untuk mengawasi wilayah yang begitu besar. 


Usulan itu langsung di tanggapi oleh Kabag Ops Rudy Repi. Menurutnya, permintaan kendaraan dinas itu secara berjenjang, dari Polsek dikirim ke Polres dengan permintaannya berdasarkan wilayah hukum yang luas. Selanjutnya Bapak Kapolres meneruskan ke Polda, namun jika di Polres  ada kendaraan yang masih layak untuk dikirim ke Polsek itu akan di kirim.


Ia menjelaskan, secara mekanisme di kepolisian itu punya spesifikasi kendaraan, contohnya ketika saya menjabat kasat lantas, saya minta kendaraan itu langsung ke direktorat Lalu-lintas sehingga peruntukan kendaraan yang diminta itu digunakan oleh Satuan Lalu lintas. 


Jadi kata dia, dari Polsek meminta ke Kabag logistik yang kemudian akan diteruskan ke Polda, nanti Polda ini yang akan menjawab dan kemudian akan memberikan kendaraan Patroli kepada Kapolsek.


"Jadi usulan terkait mobil patroli yang akan digunakan di Polsek Lembean Timur ini ditampung dulu, dan akan saya laporkan kepada pimpinan (Kapolres,red) dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas-tugas patroli untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah Lembean Timur," katanya.


Selanjutnya Hukum tua juga menyampaikan keluhan masyarakat dimana sebelumnya jika terjadi permasalahan yang tidak bisa di selesaikan oleh pemerintah desa bisa diselesaikan di Polsek, tapi saat ini masyarakat buat pengaduan harus langsung ke Polres. 


Menanggapi hal itu, Kabag Ops Rudy Repi mengatakan, perlu kami sampaikan bahwa sebenarnya Babinkamtibmas ini mempunyai peran aktif, anggota Polri yang diturunkan ke wilayahan spesifikasi sebenarnya untuk pelayanan kepada masyarakat.


"Jadi ketika terjadi gangguan di masyarakat itu harus diselesaikan dulu di kantor desa, kecuali apabila tingkat eskalasi (kenaikan atau pertambahan,red) tinggi atau bersifat kriminal yang melanggar pasal KUHP berarti harus ditindaklanjuti sampai ke Polres,"tambahnya. 


Kegiatan itu dihadiri: Pdt. Billy Piyoh, MTh, Camat Lembean Timur, Jems Limpele, S.Sos, Danramil, Lettu Garis Noop Ompoyo, Tokoh agama, tokoh masyarakat beserta seluruh Hukum Tua yang ada di Kecamatan Lembean Timur. (nes)



×
Berita Terbaru Update