Notification

×

Iklan

Iklan

Pencanangan Lapas 'BERSINAR' Bupati Royke Roring : Ini Bukti Nyata Upaya Lapas Tondano Perangi Narkoba

Selasa, 18 April 2023 | 02:49 WIB Last Updated 2023-04-17T19:08:52Z


Minahasa, Komentar.co.id -
Bupati Minahasa Dr. Ir. Roy Octavian Roring, M.Si, mengatakan Pencanangan Lapas Bersih dari Narkoba (BERSINAR) merupakan bukti nyata dari Lapas Klas IIB Tondano dalam upaya memerangi peredaran dan penggunaan Narkoba di dalam Lapas. 


"Saya atas nama pemerintah menyampaikan salut dan apresiasi kepada seluruh lapas di bawah binaan bapak Kakanwil Sulut yang berinisiatif, bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam rangka mewujudkan bebas Narkoba di Daerah Minahasa Sulawesi Utara melalui para penghuni lapas," kata Bupati Royke Roring, Senin (17/4/2023).


Dalam kesempatan itu Bupati Royke Roring menyebut, Lapas Tondano banyak melakukan inovasi program-program kemasyarakatan. Salah satu yang dilakukan adalah  'Marijo Bakobong' Program Beternak dan Menanam.


"Ini  juga adalah program pemerintah Sulawesi Utara dengan semua unsur masyarakat, program kita pemerintah kabupaten dengan seluruh unsur masyarakat yaitu beternak dan menanam. Tadi kita sama-sama melepas bibit ikan juga ayam tapi juga langsung panen jagung," tambahnya.


Sementara, Kakanwil Kemenkumham Sulut Ronald Lumbuun dalam sambutannya mengingatkan jajaran agar dapat menghindari timbulnya pemberitaan negatif seperti peredaran gelap narkoba, penggunaan handphone (HP) secara ilegal, serta praktik pungli di dalam Lapas.


Kepala BNNP Sulut Brigjen. Pol. R. Pitra Andrias Ratulangi, S.I.K., M.M, dalam sambutannya mengatakan secara random (acak) 40 napi Lapas Tondano telah melakukan tes urin dan hasilnya semua negatif. 


"Dengan banyaknya kegiatan yang disiapkan kalapas seperti tempat pelatihan dan lahan perkebunan sehingga warga binaan di sini tidak melakukan yang namanya Narkoba,"ia menambahkan. (nes)




×
Berita Terbaru Update