Notification

×

Iklan

Iklan

Disaksikan Bupati Royke Roring, Ketua KTNA Minahasa dan Ketua P3C-NMN Tandatangani MoU

Jumat, 21 April 2023 | 19:28 WIB Last Updated 2023-04-21T11:28:22Z


Minahasa, Komentar.co.id -
Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring menyaksikan Penandatanganan Nota Kesepahaman MoU Perkumpulan Petani Pedagang Cabai Nusantara, (P3C-NMN) dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Minahasa, di Perkebunan Tumangkokow Desa Kopiwangker Kecamatan Langowan Barat, Jumat (21/4/23). 


Penandatangan MoU itu dilakukan oleh Ketua KTNA Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch. M. Roring Lumanauw, SIP dengan Ketua P3C-NMN, Ricky Lumingkewas 


Kegiatan itu digelar dalam rangka pencapaian kabupaten Minahasa menjadi kabupaten sentra penghasil hortikultura cabai untuk meminimalisasi impor cabai serta membuka peluang ekspor cabai organik serta memberi dampak positif bagi prospek hortikultura cabai. 


Bupati Royke Roring dalam sambutannya mengajak semua yang hadir untuk berkomitmen bersama mengatasi masalah import cabai dengan cara mengusahakannya.


"Melalui program kita menanam cabai, memanfaatkan benih dari petani lokal yang ada sehingga masalah cabai di Minahasa dapat teratasi," kata Bupati Royke Roring.


Ia pun memberikan apresiasi kepada KTNA dan P3C-NMN atas penandatanganan MoU tersebut.


Sementara itu Ketua P3C-NMN Sulut, Ricki Lumingkewas, S. Th, menyebut pelaksanaan agenda MoU bisa terlaksana karena peran serta dari Pemerintah Kabupaten Minahasa.


"Maksud asosiasi dan KTNA melakukan MoU agar petani rica bisa tertata dengan baik begitu juga dengan harga. Sehingga ada keterkaitan antara petani dan pedagang, selain itu juga dalam rangka mencapai sasaran supaya Minahasa dapat menjadi sentra cabai di Sulawesi Utara,"kata Lumingkewas.


Untuk mencapai hal itu, lanjut dia, maka harus ada langka kongkrit yang diawali dengan MoU pada saat ini.


"Hal ini guna meminimalisasi import cabai agar petani dan pedagang di Minahasa bisa mengambil peran. Sebagai contoh benih-benih unggulan baru yang merupakan benih lokal yang dikembangkan petani di Minahasa yang merupakan pegiat hortikultura," tambahnya.


Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bibit cabai secara simbolis oleh Ketua KTNA Dra Fenny Ch. M. Roring Lumanauw, SIP, dan Bupati Minahasa Royke Roring kepada petani cabai dan kepada organisasi kemasyarakatan oleh diikuti dengan penanaman bibit cabai.


Turut hadir : Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa, Reviva Maringka, Asisten III Bidang Administrasi Umum Dr. Vicky C. H. Tanor, Kadis Kominfo Maya Kainde SH MAP, Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, Camat Langowan Barat Ir Sisca Maseo, Kabag Kerjasama Setdakab Minahasa Ir Ritha R. Lapian, Ketua KTNA Langowan Barat Jekry Akob Tambariki, Camat Langowan Raya serta Hukum tua se-Langowan Barat lainnya. (nes)

×
Berita Terbaru Update