Notification

×

Iklan

Iklan

Ormas Adat Barmas, Bersama Warga Tongkaina Gelar Aksi Damai Di-Depan Kantor BPN Manado

Kamis, 09 Juni 2022 | 09:06 WIB Last Updated 2022-06-09T01:06:11Z

 


MANADO KOMENTAR - Rabu 8/6, dikantor BPN Manado, Gunthar W. N. Tutuarima, SH MH Kepala Badan Pertanahan Nasional(BPN) Manado, menerima Ormas Barisan Masyarakat Adat Sulawesi Utara (BARMAS) bersama masyarakat Kelurahan Tongkaina.


Kedatangannya untuk menyuarakan aspirasi dan tuntutan masyarakat kepada pihak pertanahan terkait permasalahan tanah warga yang ada di Tongkaina.


Saat berada didepan kantor BPN Manado, Ormas Adat Barmas, bersama warga menggelar orasi damai.


Ini Orasinya didepan kantor BPN Manado.

Juru bicara Ormas BARMAS Waketum DPP BARMAS Johny Rondonuwu menegaskan, penanganan kejahatan mafia pertanahan dibutuhkan peningkatan sinergi antar kementerian dan lembaga untuk melakukan penilaian dan penyelesaian terhadap kasus tanah yang terjadi di Desa Tongkaina.


Selanjutnya Ketua DPD BARMAS SULUT Defly Brando Lengkey,S.S BARMAS siap melindungi Masyarakat Tongkaina yang terzolimi akibat dugaan penipuan yg dilakukan oleh Gun Honandar dan Eric Samola pengusaha Kota Manado dengan memberikan uang panjar dan secara sadar mengalihkan kepemilikan Masyarakat menjadi milik pribadi, sedangkan tanah warga belum terlunasi.


Mengingat pembebasan tanah tersebut adalah untuk pembuatan daerah wisata yg sudah ditetapkan melalui SK Gubernur dan SK Walikota pada Tahun 1990 sudah ada. Bagaimana langkah selanjutnya..


Menanggapi permasalahan ini,

Kepala BPN Kota Manado mengajak beberapa perwakilan dari BARMAS dan perwakilan Masyarakat Tongkaina untuk duduk bersama mencari solusinya. 


Usai diskusi, kepala BPN Kota Manado, Guntar Tutuarima, menjelaskan kepada warga yang sedang menunggu di halaman kantor BPN Manado, didampingi Aparat Kepolisian Polresta Manado Kasat Samapta, Kapolsek Wanea, dan Kapolsek Bunaken serta aparat TNI.


Ini penjelasanya,.

"Kami siap membantu warga membuka seluruh warkah apabila dibutuhkan terkait persoalan - persoalan yang masih menganjal di Masyarakat Tongkaina yg diperjuangkan Barisan Masyarakat Adat Sulut."tutur Turuarima.


Sementara itu, Sekretaris DPD BARMAS SULUT Fernando Melo, S.E kepada awak media, menjelaskan bahwa kami perwakilan BARMAS sebagai penerima kuasa dari Masyarakat Tongkaina :

1. Wakil Ketua Umum DPP BARMAS

• JOHNY RONDONUWU

2. Ketua DPD BARMAS SULUT

• Defly Brando Lengkey, S.S

3. Sekretaris DPD BARMAS SULUT

• Fernando F.X Melo, S.E

4. Bidang Hukum DPD BARMAS

• Fransiska Rawung

5. Bidang Pertanian dan Perkebunan

• Michael Mangowal. 


"Diterima oleh Kepala BPN Kota Manado untuk berdiskusi di ruang rapat terkait hal - hal menyangkut aspirasi dari warga Kelurahan Tongkaina, di dalam diskusi tersebut terjadi pembicaraan yang alot dan hampir tidak menemui titik tengah, akhirnya kurang lebih 90 menit berdiskusi dengan pertolongan Tuhan pihak BPN mau membantu secara totalitas agar secepatnya di tindak lanjuti mengenai aspirasi yang sudah disampaikan sebelumnya," terang Nando.


Di-sisi lain, Ketua DPP BARMAS Tonaas Wangko Decky Maengkom via telepon menegaskan “Demi Keadilan dan Kesejahteraan Masyarakat, ORMAS BARMAS akan mengusut tuntas dan akan Jadi garda terdepan dalam peran-peran mafia tanah di Sulawasi Utara yang Torang cintai dan banggakan.


*Jovan*


×
Berita Terbaru Update