Notification

×

Iklan

Iklan

SMA N 1 Bitung Gelar Refleksi Pelaksanaan Kurikulum Serta Sosialisasi Pemilihan Kelompok Mata Pelajaran Kelas XI

Kamis, 12 Mei 2022 | 17:17 WIB Last Updated 2022-05-12T09:26:30Z

 


BITUNG KOMENTAR-Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bitung menyelenggarakan Refleksi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Serta Sosialisasi Pemilihan Kelompok Mata Pelajaran Kelas XI, di Aula SMA 1 Bitung.


Kepala SMA Negeri 1 Bitung Syane Buysang, SP.d menyampaikan, kegiatan pertemuan dengan orang tua wali siswa ini menyampaikan gambaran persiapan sekolah untuk menerapkan rencana program pembelajaran merdeka belajar dan kurikulum 2013.


"Kurikulum merdeka siswa kini tak perlu bingung antara memilih masuk IPA, IPS atau Bahasa. Siswa bisa memilih kombinasi mata pelajaran sesuai dengan minatnya. Ini salah satu keputusan atau choice atau pemilihan yang bisa diberikan kemerdekaan bagi anak-anak kita yang sudah mulai masuk dalam umur dewasa untuk bisa memilih, artinya sesuai kemampuan siswa/siswi. Sementara, untuk Kurikulum 2013 unggul pada proses, dimana kurikulum ini bersifat ilmiah dan berpusat pada siswa, dalam proses belajar mengajar siswa lebih dominan dalam mencari, menganalisis, serta mempresentasikan materi yang ia pelajari, ditekankan nilai lebih selain pengetahuan, yakni keterampilan dan kepribadian," sebutnya, Kamis (12/5/2022) ketika ditemui komentar.co.id di ruang kerjanya.


Lanjutnya, sebenarnya ada tiga Kurikulum yang disediakan Kemendikbud Ristek saat ini untuk mengatasi efek pandemi Covid-19.


Pertama, Kurikulum 2013 yang sebelumnya diterapkan di sekolah. Kemudian opsi kedua adalah penerapan Kurikulum Darurat seperti yang berlaku dalam masa pandemi Covid-19. 


Opsi ini berlaku bagi sekolah yang ingin melakukan perubahan kurikulum lebih sederhana namun merasa masih belum siap melakukan perubahan yang besar.


Pilihan ketiga adalah Kurikulum Merdeka bagi sekolah yang sudah siap untuk melakukan transformasi, sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.


"Kita diberikan kewenangan keemendikbud Ristek kepada kepala sekolah dan guru untuk memilih kurikulum ini," ungkap Buysang.


Sementara berita ini dipublis, refleksi pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Serta Sosialisasi Pemilihan Kelompok Mata Pelajaran Kelas XI, di Aula SMA 1 Bitung masih berlangsung dengan bergantian jam sesuai undangan perwalian siswa/siswi masing-masing kelas dengan menerapkan protokol kesehatan.





×
Berita Terbaru Update