Notification

×

Iklan

Iklan

Memaknai Hari Lanjut Usia Nasional, MM-HH Berterimakasih Kepada Seluruh Lansia Kota Bitung

Selasa, 31 Mei 2022 | 10:50 WIB Last Updated 2022-05-31T02:50:43Z

 


BITUNG KOMENTAR-"MM-HH" Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar menyampaikan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) bagi semua lanjut usia (Lansia) di Kota Bitung.


HLUN diperingati setiap tanggal 29 Mei merupakan hari dimana Negara Republik Indonesia ingin mengapresiasi berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para Lansia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.


“Semua Lansia adalah orang tua kita, sehingga sudah seharusnya kita menaruh perhatian dan kepedulian lebih terhadap para Lansia,” kata Maurits-Hengky, Minggu (29/5/2022).


Karena semua Lansia adalah orang tua, Maurits pun mengajak kepada masyarakat umumnya dan generasi muda khususnya, untuk meningkatkan kesadaran diri, partisipasi dan kepedulian sosial terhadap para Lansia, agar mereka mampu untuk memiliki jiwa yang sehat, produktif dan mandiri dalam menjalani kehidupan sosialnya.


“Mengingat tanpa kita sadari, masih banyak dari masyarakat kita yang kurang memperhatikan para Lansia, baik itu dari segi kesehatan, kesempatan untuk bersosialisasi, kebutuhan akan pendidikan dan kesempatan kerja, kemudahan penggunaan fasilitas sarana dan prasarana umum, perlindungan sosial dan lain sebagainya,” katanya.


Menjadi perhatian bersama, lanjut dia, dalam Undang-undang Nomor 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan Lanjut usia, mengamanatkan pemerintah untuk mengupayakan kesejahteraan para Lansia.


Sebagai bentuk penghargaan dan kepedulian terhadap Lansia, maka dicanangkan HLUN yang pada tahun ini sudah memasuki usia ke-26 setelah diinisiasi dr Krt Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada tangal 29 Mei 1945, sebagai anggota paling sepuh (tertua), yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia. HLUN dicanangkan pertama kali secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang.


“Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh bapak/ibu Lansia yang selama ini telah menjadi bagian dari Pemerintah Kota Bitung serta bersama-sama turut mendukung, melaksanakan dan mensukseskan pembangunan di Kota Bitung,” katanya.


Ia berharap kepada bapak ibu Lansia, senantiasa dilimpahkan kesehatan untuk dapat beraktifitas, bersosialisasi, memberikan sumbangsih pikiran serta berbagi ilmu dan pengalaman demi kemajuan Kota Bitung tercinta, serta turut mendukung dan bersinergi dalam pelaksanaan program-program yang pro dengan pemberdayaan Lansia.


“Sehingga bersama-sama kita mampu meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan para Lansia di Kota Bitung serta menjadikan Kota Bitung sebagai kota yang ramah dan cinta terhadap Lansia,” katanya.


“Teriring harapan semoga peringatan HLUN tahun 2022 ini berjalan lancar dan sukses serta menjadi semangat bagi seluruh Lansia untuk menjadi Lansia yang mandiri, sejahtera dan bermartabat, sekaligus menjadi motivasi bagi generasi muda untuk lebih peduli terhadap Lansia di Kota Bitung,” katanya lagi.


×
Berita Terbaru Update