Notification

×

Iklan

Iklan

Pimpinan Bawaslu RI 'Herwyn Malonda' Ajak IKUB Sulut Terlibat Dalam Pemilu dan Pemilihan Ramah Lingkungan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:11 WIB Last Updated 2022-05-21T06:40:57Z

 


MANADO KOMENTAR - Menciptakan Pemilu dan Pemilihan yang ramah lingkungan, terus digaungkan anggota Bawaslu Republik Indonesia, Dr Herwin J.H Malonda, SH.MH. 


Diketahui, Malonda ketika menjadi Narasumber pada kegiatan Seminar Nasional Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKAUB) Malang yang digelar Sabtu 21/5 di Aula Waterpark Perum Bintang Mas Sea 2 Kabupaten Minahasa.


HJM, mengajak seluruh anggota IKAUB untuk turut serta mensosialisasikan bahkan menjadikan pemilu dan pemilihan yang ramah lingkungan.


Selanjutnya mantan ketua Bawaslu Sulut dua periode ini, pemilu yang ramah lingkungan bertujuan agar pemilu tidak mencederai lingkungan hidup manusia, artinya, baik pemilu dan pemilihan kedepan bebas dari sampah setelah semua calon melaksanakan kampanye ataupun terhindar dari kerusakan lingkungan dengan mengikat atau memaku alat peraga kampanye di pohon sehingga merusak pohon itu sendiri. 


“Pemilu yang ramah lingkungan menjadi impian kita bersama, sehingga tidak ada lingkungan yang rusak atau pun sampah berserahkan saat selesai tahapan pemilu atau pun kampanye. Karna kita tau bersama kalau habis kampanye, sampah plastik pasti sangat dominan berserahkan di lapangan atau jalan. Nah ini yang kita harus antisipasi bersama semua stakeholders agar bagimanarncari solusi bersama dalam mengantisipasi sampah sampah plastik atau kertas sesuai kampanye,” tegas Malonda.


Dalam seminar yang dikaitkan dengan Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni Universitas Brawijaya Malang cabang Sulawesi Utara periode 2022-2025 ini juga, Malonda mengajak semua peserta untuk menjadikan Pemilu yang ramah lingkungan berbasis green constitution, sehubungan dengan studi doctoral-nya di Universitas Brawijaya Malang. 


“Mari kita bersama untuk dapat mewujudkan pemilu dari kacamata lingkungan, karena pesta demokrasi  sudah sudah di depan mata, dan mari kita jadikan catatan penting agar pemilu tidak berdampak pada lingkungan kita,” ajak putra Kawanua yang kini berkiprah di kancah Nasional. 


*Jovan*

×
Berita Terbaru Update