Notification

×

Iklan

Iklan

DPRD Minsel Gelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka HUT Kabupaten Minsel ke-19

Jumat, 28 Januari 2022 | 16:59 WIB Last Updated 2022-05-31T09:39:04Z

 

MINSEL KOMENTAR - Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) ke-19 yang bertempat di Ruang Rapat DPRD Minsel pada Kamis (27/1/2022), dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Minsel Stevanus Lumowa,SE dan didampingi oleh Wakil Ketua Paulman Runtuwene, sementara Ketua DPRD Minsel Jenny Tumbuan mengikuti rapat tesebut melalui Video Conference (Vicon).

Wakil Ketua Steven Lumowa saat memimpin Rapat Paripurna tersebut mengatakan, momen saat ini menjadi hari yang istimewa dan berbahagia bagi Kabupaten Minsel karena 19 tahun lalu Kabupaten ini dimekarkan dari Kabupaten Induk yaitu Kabupaten Minahasa.


“DPRD Minsel secara kelembagaan dan mewakili masyarakat Minsel menyampaikan terima kasih kepada para pejuang pemekaran Kabupaten Minsel, dengan berbagai hambatan dan tantangan. mereka telah menyatukan tekat agar pemekaran satu Kabupaten Minsel yang didambahkan semua elemen rakyat Minsel maka masyarakat dapat merasakan dampak positif setelah Minahasa bagian Selatan ini menjadi Kabupaten,” tutur Lumowa

Sementara Bupati Minsel Franky Donny Wongkar,SH dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berjuang dalam pemekaran Kabupaten Minsel.


“Sesuai tujuan pembentukan Kabupaten Minsel adalah untuk mensejahterakan masyarakat Minsel, maka hari ini menjadi hari yang bersejarah dan betapa pentingnya bagi kita yang telah merasakan kebahagiaan dengan peringatan hari jadi Minsel yang ke-19 ini,” Ucap Bupati.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw juga dalam sambutan mewakili Gubernur Olly Dondokambey,SE mengatakan, diusia ke-19 tahun adalah usia yang cukup untuk menjadi lebih baik dari 19 tahun lalu.



“Momentum HUT ini untuk kita mengintrospeksi dan mengevaluasi untuk melakukan pembangunan Minsel, tahun-tahun ke depan harus lebih baik dan hebat, ini mutlak,” ungkap Kandouw.


Lanjutnya, walaupun ditengah pandemi yang membuat 15 Kabupaten Kota di Sulut beberapa kali mengalami berkali-kali refocusing. Wagub meminta lembaga wakil rakyat harus pinter-pinter mencari terobosan agar supaya betul-betul APBD mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerjaan, mengurangi kemiskinan,  meningkatkan kesejateraan.


“Untuk itu di hari ulang tahun yang pertama di era pemerintah pak Franky Wongkar dan Petra Rembang, saya mengajak seluruh komponen masyarakat, seluruh stakeholder Pemerintah Kabupaten Minsel mari duduk bersama-sama, mari se ia se kata, mari rapatkan barisan. Pertempuran tahun 2020 sudah lama berlalu. Tapi saya lihat di Minsel bau nya masih ada sampai sekarang. Mari lupakan yang dulu-dulu, hapus lembaran-lembaran yang lalu. Torang optimis kedepan bahwa Minsel ini menunggu kita, rakyat menunggu kita. Potensi Minsel ini luar biasa, apa saja ada,” ajaknya.



Tak ketinggalan juga beliau kembali mengingatkan tentang program Vaksinasi.


“Covid ini belum selesai. Vaksin Booster wajib dilaksanakan. Semua harus bergerak. Tambah gas karena virus Omicron semakin hari semakin bertambah. Dari data yang ada sejak kemarin ada sekira 7 ribu internasional. Saya tidak tau hari ini berapa? Untuk itu saya minta Bupati Minsel beri target ke cama-camat  jika tidak mampu silahkan mundur,” tandasnya.




Mengakhiri sambutannya, mengatas namakan Gubernur Olly Dondokambey dan Pemerintah Sulawesi Utara serta Rakyat Sulawesi Utara, Kandouw menyampaikan Dirgahayu Minahasa Selatan yang ke-19 tahun.

Disela-sela kegiatan Paripurna, Bupati Minsel Franky Donny Wongkar,SH (FDW) bersama Wakil Bupati Minsel Pdt.Petra Yani Rembang,M.Th serta Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow yang turut didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Minsel Steven Lumowa dan Wakil Ketua Paulman Runtuwene,ST, didaulat untuk menyalakan lilin HUT ke-19 Kabupaten Minsel tahun 2022.


Rapat Paripurna tersebut dihadiri oleh Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE, Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, M.Si, Bupati Bolaang Mongondow Selatan Iskandar Kamaru, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH, Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin Lotulung, Ketua DPRD Kota Tomohon Jemmy Sundah, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs, Johnny Runtuwene, Ketua DPRD Minsel Jenny Tumbuan (secara virtual), para wakil ketua DPRD Minsel, para Anggota DPRD Minsel serta jajaran Pemkab Minsel.  (Dotu)

×
Berita Terbaru Update