Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Menteri Perdagangan Resmikan Rumah Produksi Industri Kecil, Walikota Bitung Apresiasi dan Berterima Kasih

Jumat, 22 April 2022 | 21:25 WIB Last Updated 2022-04-22T13:25:52Z

 


BITUNG KOMENTAR-Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM., terima kunjungan Wakil Menteri Perdagangan RI, DR. Jerry Sambuaga, di Sentra IKM Sagerat, Jumat (22/4/2022).


Kunjungan Wamendag, Jerry Sambuaga dalam rangka meresmikan rumah Produksi Industri Kecil dan Launching Kick Off Duta IKM/UMKM Go Export Produk Lokal Untuk Global.


Walikota Maurits Mantiri dalam sambutan mengatakan, atas nama pemerintah Kota Bitung menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Wamendag, Jerry Sambuaga untuk kesekian kali.


Lanjut Mantiri, saat ini Kota Bitung sudah punya 3 produk UMKM/IKM yang sudah menembus pasar Internasional (Amerika).


Kiranya ada terobosan dari pak Jerry Sambuaga selaku Wamendag, sehingga produk-produk ini bisa di ekspor ke negara-negara Asia bahkan Eropa.


“Amerika sudah masuk, kedepan Asia dan Eropa. Semoga pak Wamen dapat memberikan teroboson, sehingga produk UMKM/IKM Kota Bitung masuk pasar global,” harap Mantiri.


Maurits Mantiri menyebut, bahwa produk UMKM yang sudah menembus pasar Internasional sebagai pahlawan yang berani mengambil kesempatan. Dan ini menjadi harapan Presiden Joko Widodo.


Sementara itu, Wamendag, Jerry Sambuaga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Walikota Maurits Mantiri bersama jajaran, karena sudah melaksanakan launching produk UMKM/IKM.


Sambuaga pun memuji produk lokal UMKM/IKM Kota Bitung.


“Saya senang dan bangga melihat produk lokal dari UMKM/IKM Kota Bitung,” ujar Jerry Sambuaga.


Sambuaga pun menjelaskan, sesuai data BPS, kinerja ekspor Indonesia secara keseluruhan dari bulan desember tahun 2021, nilai ekspor Nasional sebesar 230 miliar US Dolar, tertinggi sejak 15 tahun terakhir.


Sementara itu, neraca perdagangan mencapai 35,34 miliar US Dolar, tertinggi sejak tahun 2011.


“UMKM berkontribusi untuk PDRB. Sudah lebih dari 70% dan itu sangat membantu masyarakat,” ujar Sambuaga.


Posisi ekspor Indinesia tahun ini sanga baik. Kontribusi dari setiap daerah termasuk Kota Bitung juga memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja ekspor nasional dan pengembangan pusatnya ada di UMKM/IKM.


“Semangat untuk eksportir Kota Bitung. Jangan sungkan meminta bantuan kepada Kemendag,” pinta Sambuga.


Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Direktorat Perundingan Perdagangan Internasional, Ari Satria, Direktur Perundingan Perdagangan Jasa, Basaria Tiara, serta jajaran pemerintah Kota Bitung.


×
Berita Terbaru Update