Notification

×

Iklan

Iklan

Wabup PYR Hadir Rakor Perumusan Rekomendasi Kebijakan Factory Sharing Sentra UKM-RI

Kamis, 10 Februari 2022 | 22:39 WIB Last Updated 2022-02-10T14:45:02Z


AMURANG KOMENTAR - Wabup Petra Rembang Hadiri Rakor Perumusan Rekomendasi Kebijakan Factory Sharing Sentra/UKM


Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Pdt Petra Yani Rembang mewakili Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar,SH pada rapat koordinasi perumusan rekomendasi kebijakan factory sharing sentra/ukm yang diprakarsai oleh kementerian koperasi dan ukm republik indonesia. Bertempat Sutan raja amurang Kamis (10/02/2022).



Dalam sambutan Wakil Bupati Minsel Pdt Petra Yani Rembang menyampaikan bahwa pemkab minsel menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut sekaligus memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak kementerian koperasi dan ukm ri, yang sudah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini.


“Harapan kami, melalui rapat ini akan menghasilkan rumusan-rumusan rekomendasi kebijakan untuk kelancaran pembangunan factory sharing serta optimalisasi pemanfaatanya,” harapnya.


Kabupaten minahasa selatan sungguh berbangga dapat terpilih sebagai salah satu dari 5 daerah di indonesia yang akan menjadi lokasi pembangunan rumah produksi bersama atau factory sharing untuk pengembangan sentra ukm berbasis produk unggulan daerah potensi ekspor komoditas kelapa.


“Saya yakin, kehadiran factory sharing ini nantinya akan menjadi momentum besar bagi peningkatan daya saing, nilai tambah dan perluasan pasar produk ukm di minahasa selatan, ” Ucap Wabup.


Sektor pertanian dan perkebunan adalah salah satu prioritas unggulan kabupaten minahasa selatan. Khusus untuk komoditi kelapa, sesuai dengan data badan pusat statistik, di tahun 2020 minahasa selatan telah mengasilkan 46 ribu 241 koma 40 ton kelapa dengan luas area tanam 46 ribu 735 koma 52 hektar. Kelapa merupakan salah satu komoditi yang memiliki nilai ekonomi yang baik bagi petani karena hampir semua bagian yang ada pada tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.


Minahasa selatan sendiri, kelapa telah diolah menjadi berbagai produk, seperti kopra, bahan kerajinan, maupun bahan makanan, katanya.


Namun disadari baik dari segi teknologi, sumber daya manusia, maupun permodalan kami masih sangat terbatas sehingga produktivitas komoditas kelapa oleh petani di minahasa selatan belum maksimal.


Kiranya pembangunan rumah produksi bersama atau factory sharing oleh kementerian koperasi dan ukm ri akan berjalan dengan lancar. Sehingga nantinya akan memberikan dampak positif bagi para petani kelapa maupun pelaku ukm di minahasa selatan dalam upaya peningkatan kualitas produk, perluasan pasar serta membuka kesempatan kerja yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan perekonomian masyarakat, koperasi dan umkm yang maju dan berdaya saing.


Pengembangan sektor umkm di minahasa selatan. Sekitar 23 ribu 994 umkm yang terdaftar di kabupaten minahasa selatan pada umumnya semua merasakan dampak dari pandemi ini.


“Namun, saya tetap mendorong semangat para pelaku umkm yang ada di kabupaten minahasa selatan untuk berani melangkah dan menghasilkan produk-produk maupun layanan yang kreatif dan inovatif, Jelas Wabup.

Tahun 2022 telah kami canangkan sebagai tahun ”marijo ba tanam” dalam upaya pemulihan ekonomi di kabupaten minahasa selatan akibat pandemi covid-19 dan berbagai bencana alam yang terjadi.


“Melalui pencanangan “marijo batanam” di tahun 2022 ini, sektor pertanian dan perkebunan akan menjadi sektor unggulan dan perhatian pemerintah, dan kami optimis sektor-sektor ini mampu mendukung pemulihan dan peningkatan ekonomi di tengah pandemi covid-19,” kata Wabup.


Selain prioritas sektor pertanian dan perkebunan, melalui “marijo batanam” kita juga akan berupaya menumbuhkan berbagai sektor perekonomian masyarakat agar semakin kuat, mampu bertahan bahkan dapat mempergunakan pandemi menjadi lompatan kebangkitan ekonomi masyarakat di berbagai bidang.


“Tentu kami dari pemkab minsel harapkan bantuan dan dukungan dari kementerian koperasi dan ukm ri, kementerian perencanaan pembangunan nasional RI, serta pemerintah provinsi sulawesi utara.




×
Berita Terbaru Update