Notification

×

Iklan

Iklan

TNI-AL Habiskan 310 Dosis Vaksin di Tiga Pulau

Jumat, 25 Februari 2022 | 19:25 WIB Last Updated 2022-02-25T11:27:45Z


MANADO KOMENTAR-Dua hari melakukan serbuan vaksinasi maritim di tiga pulau, TNI AL melalui Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII berhasil menghabiskan 310 dosis vaksin di Desa Linuhu, Pulau Bangka, Desa Talise Pulau Talise, serta Desa Gangga Dua, Pulau Gangga, Likupang, Minahasa Utara. Jumat (25/2).



Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., mengatakan bahwa serbuan vaksinasi yang di gelar ini dalam rangka melindungi  masyarakat yang berada di desa pesisir dari penularan Covid-19, sekaligus sebagai salah satu bentuk pelaksanaan program Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL dalam bidang kesehatan, karena Desa Talise juga merupakan salah satu Kampung Bahari Nusantara (KBN) dibawah Lantamal VIII.


Ditambahkan Danlantamal VIII bahwa, serbuan vaksinasi yang digelar Lantamal VIII dan jajaarannya merupakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono untuk membantu program pemerintah tentang vaksinasi nasional dalam rangka memberikan kekebalan komunal kepada masyarakat agar terhindar dari penularan Covid-19.


Serbuan vaksinasi maritim yang digelar Lantamal VIII mulai tanggal 23 sampai dengan 24 Februari 2022 di tiga pulau tersebut melibatkan tiga dokter, vaksinator dan beberapa tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII dengan menggunakan vaksin jenis Astrazeneca dan Sinovac.


Selanjutnya vaksinasi Covid-19 Lantamal VIII dan jajaran hari ini juga dilaksanakan di berbagai tempat diantaranya di Balai Kesehatan (BK) Pangkalan TNI AL (Lanal) Tahuna, yang berhasil memberikan vaksin kepada 41 orang, sepuluh orang menerima dosis pertama, tujuh orang dosis kedua dan 25 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Pfizer. Vaksinasi juga dilaksanakan di Mesjid Al-Muqaddam dan Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kepulauan Tahuna dan berhasil memberikan vaksin kepada 36 orang, lima orang menerima dosis kedua dan 31 lainnya menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Pfizer.


Demikian halnya dengan Lanal Gorontalo yang menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 di Lapangan Taruna Kota Gorontalo. Dengan menurunkan lima vaksinator dan beberapa tenaga kesehatan dan pendukung dari Lanal Gorontalo, berhasil memberikan vaksin kepada 129 orang, terdiri dari 36 orang menerima dosis pertama, 73 orang menerima dosis kedua dan 20 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca, Pfizer dan Moderna.


Kemudian Lanal Melonguane juga melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di Balai Pertemuan Masyarakat (BPM) Desa Matahit Kecamatan Beo Selatan, Kabupaten Kepulauan Talaud. Pada kesempatan tersebut berhasil memberikan vaksin kepada 52 orang, terdiri dari delapan orang menerima dosis pertama, 26 orang dosis kedua dan 18 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Moderna.


Sementara itu vaksinasi Covid-19 di dalam pangkalan diantaranya Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr Wahyu Slamet Bitung terdata 31 orang, dimana 11 orang menerima dosis pertama, 13 orang menerima dosis kedua dan tujuh orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Astrazeneca. Begitu juga vaksinasi di Lanal Tolitoli yang berhasil memberikan vaksin kepada 15 orang, satu orang menerima dosis pertama, dua orang dosis kedua dan 12 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Pfizer. Sedangkan vaksinasi di Balai Kesehatan Diskes Lantamal Vlll tervaksin lima orang mulai dosis pertama hingga ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Aztrazeneca. 


Dalam proses pelaksanaan vaksinasi yang di gelar Lantamal VIII dan jajarannya selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, dan sampai dengan berakhirnya pelaksanaan tidak ditemukan kejadian ikutan pasca imunisasi.(Dotu)

×
Berita Terbaru Update