Notification

×

Iklan

Iklan

Peringatan HPN dan HUT PWI ke-76. Rombongan PWI Sulut Ziarah ke- Sejumlah Makam Tokoh Pers Sulut

Jumat, 18 Februari 2022 | 22:44 WIB Last Updated 2022-02-18T14:44:39Z

Makam SHS

MANADO KOMENTAR-Hujan yang mengguyur kota Tomohon, Minahasa dan Manado, tidak mengurungkah langkah mulia rombongan Panitia Hari Pers Nasional ( HPN)dan HUT PWI ke-76  untuk menuntaskan berbagai rangkaian kegiatan yang sudah diagendakan sebelumnya..


Dipimpin langsung Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara Drs Vouke Lontaan, rombongan menuju Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa untuk memberikan penghormatan, berziarah sekaligus melakukan tabur bunga kepada para tokoh pers asal Sulut diantaranya, Petrus Goni atau yang biasa disapa “Spego” dan  Drs Sinyo Harry Sarundajang serta mantan ketua PWI Sulut Biden Kandores.


Kedatangan pengurus PWI dan Panitai HPN di makam Spego Goni disambut oleh istri almarhum Juliana serta anak-anak Elisabeth Lapian dan anak Lucia Habelana di pemakaman keluarga di Kecamatan Tomohon Utara, Kelurahan Kakaskasen I,

 .

 ‘’Saya sangat senang dan berterima kasih atas kedatangan pengurus PWI Sulut dan PWI Kota  Tomohon dan panitian HPN 2022 di makam Spego. Ini penghargaan yang belum pernanh kami terima sejak almarhum meninggalkan kita semua menghadap sang pencipta,”ungkap istri Spego “Julia.


MAKAM SPEGO GONI
Diketahui Spego Goni lahir pada tanggal 10 Desember 1931 dan menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 15 Agustus 2021 lalu.

Setelah itu, rombongan lalu menuju museum Museum Frans Mendur di Desa Kawangkoan. Monumen ini dibangung tahun 2013 ketika Hari Pers Nasional di Sulawesi Utara, untuk mengenang perjuangan Frans Mendur seorang fotografer handal dimasa penjajahan.


‘’Hasil foto Frans Mendur ini membuktikan Kemerdekaan bangsa Indonesia. Karena itu sangat disayangkan museumnya tampak tidak terawat. Padahal melihat karya foto di museum ini adalah salah satu bukti sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia,’’ ujar Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan didampingi Ketua PWI Kabupaten Minahasa Christian Tangkere bersama pengurus PWI Kabupaten Minahasa.


Ketua PWI Sulut Vouke Lontaan bersama rombongan masing-masing Wakil Ketua Jimmy Endey, Donald Kuhon, Adrianus Pusungunaung, Fernanado Lumonau, Sekretaris Merson Simbolon Msi, Wakil Sekretaris Fanny Waworundeng, dan Bendahara PWI Sulut DR Pdt Margaretha Feybe Lumanao, S.Th., serta Sekretaris PWI Tomohon Terry Wagiu, kemudian melanjutkan agenda berikutnya ziarah ke Makam Mantan Gubernur Sulut yang juga mantan Anggota Dewan Pers Almarhum Drs Sinyo Harry Sarundajang (SHS)


Setibanya di makam Almarhum SHS, di Desa Kawangkoan Kabupaten Minahasa, rombongan lalu meletakan karangan bunga sekaligus melakukan tabur bunga.”SHA adalah sosok pemerhati terhadap insan pers. Selain itu beliau pernah menyandang sebagai salahsatu anggota Dewan Pers dan pemegang pena mas,”ungkap Lontaan.


Sebelum kembali ke Manado, rombongan juga berkenan beriziarah ke makam Almarhum Biden Kandores, salahsatu figur yang pernah menjabat sebagai Ketua PWI Sulawesi Utara.


MAKAM BIDEN KANDORES

“Almarhum Biden Kandores adalah sosok jurnalis yang patut kita teladani. Dia adalah salahsatu Ketua PWI Sulut yang sukses menurunkan ilmu kewartawanannya kepada generasi penerusnya saat ini. Anaknya Jandry Kandores kini juga sedang mengikuti jejak profesi sang Ayah di bidang jurnalis,”jelas Lonataan.



Dari Jakarta Ketua PWI Pusat Atal S Dapari memberikan apresiasi kepada PWI Sulut yang sudah menggelar berbagai kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pers Naional dan Hari Ulang Tahun PWI ke-76.


‘’Saya bangga kerja sahabat-sahabat saya di Sulut yang telah melaksanakan  berbagai dalam rangka HUT PWI ke-76 dan Hari Pers Naional. Teruslah berkarya membangun daerah lewat berbagai kegiatan sekaligus membawah PWI sebagai organisasi kewartawanan yang mampu bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah,”ujar Atal lewat telphon genggam.


Joppy Senduk


×
Berita Terbaru Update