Notification

×

Iklan

Iklan

Upacara Adat Tulude di Bitung Secara Virtual Siap Digelar

Sabtu, 29 Januari 2022 | 22:50 WIB Last Updated 2022-01-31T05:17:52Z

 


BITUNG KOMENTAR-Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung siap menggelar Upacara Adat Tulude yang dijadwalkan tepatnya pada tanggal 31 bulan Januari 2022 ini secara virtual.


Ketua Ormas Nusa Utara, Budi Medea dalam konferensi pers berlangsung di Riverside Resto n Cafe di Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan Matuari Kota Bitung menjelaskan, pelaksanaan Upacara Tulude di Tahun ini Pemerintah Kota Bitung menggandeng Ormas Nusa Utara bersama masyarakat Kota Bitung. Untuk sesi pelaksanaan tidak jauh berbeda dari apa yang pernah dilaksanakan di Tahun sebelumnya, namun ada beberapa kegiatan akan ditambahkan seperti tari-tarian girang-girang, Tari Salo, yang pada Tahun sebelumnya tidak ditampilkan.


"Tahun kemarin pelaksaan Upacara Adat Tulude Tari girang-girang tidak dimasukkan. Nah, di konsep tahun ini kita menampilkan Tari girang-girang kemudian Tari Salo. Karena kebudayaan di Nusa Utara ini ada banyak Tari Tarian yang belum kita tampilkan," kata Budi Madea Ketua Ormas Nusa Utara, Sabtu (29/01/2022).


Sementara, Ketua Panitia Upacara Adat Tulude Pemkot Bitung, Johnly Evans Tamaka SE, menyampaikan, dalam Pegelaran Adat Tulude ini ada ada 10 Kue Tamo yang disediakan, terbagi dari 2 Kue Tamo utama dan 8 Kue Tamo dari tiap Kecamatan Kota Bitung.


"Iya, ada 2 Kue Tamo utama dan 8 Kue Tamo yang dipersiapkan dari 8 Kecamatan Kota Bitung, baru kemudian diadakan Arak-arakan ke lolasi Pegelaran Upacara Adat Tulude," ujar Tamaka.


Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Pemkot Bitung, Pingkan Kapoh yang juga hadir dalam konferensi pers menambahkan, pelaksanaan Upacara Adat Tulude adalah rangkaian upacara adat tetapi akan dikemas secara ivent untuk di Pariwisata dan ini sudah menjadi ibent Tahunan di Kota Bitung.


"Pegelaran Upacara Tulude kita mencoba walupun masih dimasa pandemi dengan pelaksanaan protokol kesehatan. Semua yang masuk dalam kegiatan ivent wajin terdata dalam peduli lindungi, atau kemudian juga rapid test, dan antigen. Di Tulude 2022 ini yang berpartisipasi langsung adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, beliau langsung akan menyampaikan ajakan-ajakan kepada seluruh masyarakat baik di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Indonesia, bahkan Dunia, untuk datang hadir menyaksikan Tulude Kota Bitung secara Online, dan yang akan datang bersama untuk hadir ofline adalah direktur infrastruktur ekonomi kreatif karna Tulude ini masuk dalam rangkaian ekra," papar Pingkan Kapoh.


Adapun lokasi pelaksanaan ivent Tulide akan nerlangsung di Riverside Resto and Cafe, panitia membatasi hanya sampai 200 orang peserta termasuk tamu undangan. Masyarakat bisa menyaksikan secara langsung melalui Fanpage Facebook PEMKOT BITUNG karena digelar secara virtual.


×
Berita Terbaru Update