Notification

×

Iklan

Iklan

Tulude 2022 Pemkot Bitung Bersama Ormas Nusa Utara Sukses Digelar Secara Virtual

Senin, 31 Januari 2022 | 22:07 WIB Last Updated 2022-01-31T14:12:18Z

 

Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri,MM., didampingi istri tercinta Ketua TP PKK Bitung Ny. Rita Mantiri-Tangkudung dan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, SE., didampingi istri tercinta Sekretaris I TP PKK Bitung Ny. Ellen Honandar-Sondakh., Memasuki bangsal Upacara Adat Tulude

BITUNG KOMENTAR-Pemerintah Kota Bitung, Senin (31/01/2022), menggelar pesta adat Tulude, bertempat di lapangan Riverside Kelurahan Menambo-nembo, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Sulawesi Utara.


Pesta adat Tulude pada adalah ucapan syukur atas berkat dan penyertaan Mawu Ruata Genggona Langi (Tuhan Yang Maha Kuasa), kepada umat manusia selama setahun yang telah berlalu. 


Terpantau komentar.co.id, dalam upacara tersebut Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri,MM., didampingi istri tercinta Ketua TP PKK Bitung Ny. Rita Mantiri-Tangkudung dan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, SE., didampingi istri tercinta Sekretaris I TP PKK Bitung Ny. Ellen Honandar-Sondakh tampil kompak dan tampak enjoy mengenakan pakaian adat Sangihe dan Sitaro berwarna kuning, baik kemeja hingga celana.


Pelaksanaan pesta adat Tulude, budaya adat Nusa Utara, yang digelar Pemkot Bitung di Tahun 2022 ini dilaksanakan secara Virtual dengan menerapkan protokol kesehatan, semua yang masuk dalam kegiatan Upacara Adat Tude wajib terdata dalam peduli lindungi, atau kemudian juga rapid test, dan antigen.




Pada kesempatan tersebut, Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM., dan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, SE., (MM-HH) mengajak seluruh masyarakat untuk menaikan ucapan syukur Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat dan karunianya sehingga pesta adat tulude boleh dirayakan walaupun secara virtual.


MM-HH mengapresiasi kepada segenap jajaran Pemerintahan Kota Bitung yang bekerja sama dengan panitia Ormas Nusa Utara, serta seluruh Masyarakat Kota Bitung atas terselenggaranya acara ini. Menurutnya, terlaksananya Upacara Adat Tulude adalah bakti dan karya nyata sebuah kerja bersama-sama karena anggaran pemerintah tidak sepenuhnya menopang ivent tahunan ini. Terlebih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berpartisipasi langsung menyampaikan ajakan-ajakan kepada seluruh masyarakat baik di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Indonesia, bahkan Dunia, untuk datang hadir menyaksikan Tulude Kota Bitung secara Online.


"Ini satu hal yang luar biasa karna dapat melaksanakan Upacara Adat Tulude  tanpa sepenuhnya melibatkan anggaran dan dana dari pemerintah dengan kata lain "Murni" kerja keras masyarkat dan panitia yang sama-sama bergotong royong untuk melaksanakan acara ini," ujar Mantiri.



Sementara, Ketua Ormas Nusa Utara Budi Madea memberi apresiasi kepada Maurits Mantiri dan Hangky Honandar (MM-HH) telah memberikan dukungan penuh sukseskan pesta ada Tulude Tahun 2022 ini.


"Terima kasih Bapak Walikota dan Wakil Walikota yang sudah memberikan dukungan penuh. Terima kasih juga kepada semua pihak yang sudah terlibat dan panitia pelaksana, sehingga upacara adat Tulude ini bisa berlangsung sukses," kata Ketua Ormas Nusa Utara Budi Madea.


Disisi lain, Kementerian Pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Hariyanto memuji pelaksanaan Upacara Adat Tulude Pemkot Bitung. Hariyanto menyampaiakan, suatu kebahagiaan dan kebanggan tersendiri Kemenparekraf hadir serta menjadi bagian dalam Upacara Adat Tulude Pemkot Bitung tahun 2022.


Apalagi kata Hariyanto, iven Tulude sangat sarat dengan budaya serta menjadi potensi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang mulai menggeliat seiring melandainya kasus COVID-19.


"Program pariwisata dan ekonomi kreatif memang akan berjalan efektif jika melibatkan semua pihak dan itu telah dimulai di Kota Bitung. Apa yang ditunjukkan Pemkot Bitung harus terus dipertahankan sehingga dapat menyokong geliat ekonomi di titik-titik destinasi," katanya.



Upacara Adat Tulude Pemkot Bitung dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar, Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Rita Mantiri Tangkudung, Sekretaris I TP PKK Kota Bitung, Ny Ellen Honandar Sondakh dan perwakilan Kemenparekraf RI serta Forkopimda, Direktur Infrastruktur Ekraf Kemenparekraf RI, Hariyanto, sejumlah pejabat Kemenparekraf RI juga ikut hadir yakni Tenaga Ahli Menteri Bidang Organisasi, Tatalaksana dan Hubungan Antar Lembaga, Noorhadi Sadli, Koordinator Klaster Ekraf, Bayu Yudarto, Subkoordinator Infrastruktur Digital Ekraf II, Arip Hidayat, Subkoordinator pengembangan Kab/Kota Ekraf, Safrida Fatmawati, Staf Dit Infrastruktur Ekraf, Heru Prayogo, Staf Dit Infrastruktur Ekraf, Mawar E D Islamiati, Staf Dit Infrastruktur Ekraf, Shafira Juanita serta Tenaga Ahli Staf Khusus, Bramantyo Bimo.


×
Berita Terbaru Update