Notification

×

Iklan

Iklan

Jalan Pinasungkulan Putus, Sat Lantas Polres Bitung Gerak Cepat Amankan Jalur Alternatif

Rabu, 05 Januari 2022 | 17:11 WIB Last Updated 2022-01-05T09:12:04Z

 


BITUNG KOMENTAR-Longsor terjadi di Kelurahan Pinasungkulan di seputaran Lingkar Tambang PT Meares Soputan Minning (MSM) dan Tambang Tondano Nusajaya (TTN) memutus jalan penghubung kota Bitung ke Likupang (Minahasa Utara).


Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort (Polres) Kota Bitung langsung bergerak cepat melakukan antisipasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.


Kapolres Bitung, AKBP Alamkusuma S. Irawan, SIK, SH MH melalui Kasatlantas, AKP Awaludin Puhi, SIK mengatakan pasca terjadinya longsor di ruas jalan Bitung – Likupang tepatnya di Kelurahan Pinasungkulan Lingkar Tambang PT MSM/TTN yang mengakibatkan akses jalan utama terputus tak bisa dilewati.



"Penyebab terjadinya tanah longsor dikarenakan struktur tanah yang kurang kuat diakibatkan dari curah hujan yang terus menerus terjadi di wilayah kota bitung khusunya Kel. Pinasungkulan serta jalan tersebut berada dekat dengan lokasi pertambangan bahkan matrial tanah yang longsor masuk ke area tambang. Sehingga jalan tidak bisa dilewati," ujar Kasat Lantas Awaludin Puhi.


Terkait hal ini Kasat mengatakan bahwa pada hari Rabu (5/2/2022) pagi, pihaknya telah melakukan survey lokasi.


“Hari ini kami telah melakukan survey lokasi, kemudian menempatkan personil, serta melakukan rekayasa arus lalulintas untuk selanjutnya dilakukan pengalihan arus lalulintas ke jalan alternatif,” terangnya.


Lebih lanjut Kasatlantas mengatakan yang mana akibat dari longsor ini membuat jalan Bitung – Likupang terputus sepanjang sekitar 150 meter, lebar jalan sekitar 8 meter, dengan kedalaman kurang lebih 100 meter.


"Personel lalulintas bersama dengan Balai jalan serta Security PT MSM melakukan pemasangan Rambu Rambu lalu lintas seperti papan petunjuk arah , papan larangan , serta papan himbauan dilakukan pengalihan arus lalu lintas baik dari arah Bitung - Likupang & sebaliknya, menggunakan jalur alternatif sementara, Guna untuk menghubungkan akses jalur lalulintas. Sampai saat ini situasi aman, serta akses jalan Bitung - Likupang berjalan lancar melalui jalan alternatif," tutup Awaludin Puhi.


×
Berita Terbaru Update