Notification

×

Iklan

Iklan

Perayaan Natal dan Menyongsong Tahun Baru, Maurits Mantiri: Ini 7 Hal Penting Wajib Masyarakat Bitung Ketahui

Sabtu, 25 Desember 2021 | 09:51 WIB Last Updated 2021-12-25T01:57:21Z

 


BITUNG KOMENTAR-Yang kami kasihi seluruh warga gereja dan masyarakat kota bitung, Shalom... Salam sejahtera bagi kita sekalian, pujian serta syukur patut kita persembahkan kepada tuhan allah, bapa di sorga yang telah mengutus anak-nya yang tunggal ke dalam dunia ini menjadi pendamai yang menyelamatkan umat manusia, yakni tuhan yesus kristus sang putra natal yang kudus. Dalam kemurahan kasihnya, dia tetap memperkenankan kita semua ada di hari ini untuk merayakan kelahirannya. 


Untuk itu selaku pemerintah kota bitung, serta atas nama pribadi dan keluarga, kami menyampaikan selamat merayakan hari natal 25 desember 2021 kepada segenap umat kristen di kota bitung dan selamat menyongsong tahun baru 1 januari 2022 kepada kita sekalian. 


Momentum sukacita ini mengingatkan kita untuk saling mengasihi dengan segenap hati dalam kasih persaudaraan yang tulus dan ikhlas melalui tindakan belarasa. Yesus kristus yang kita rayakan kelahiran-nya mendorong kita untuk mencari jalan-jalan baru yang 


Kreatif untuk saling mengasihi, mewartakan keadilan, dan membawa damai sejati. Kita bersyukur, berkat kasih dan kuasa tuhan serta atas kerja keras pemerintah, keterlibatan 


Berbagai lembaga dan semangat persaudaraan yang merupakan sifat hidup bangsa kita, sekarang ini kita sudah berada dalam keadaan jauh lebih baik dibandingkan beberapa waktu lalu. Tetapi memulihkan keadaan, mengatasi akibat-akibat dahsyat pandemi covid19, yang menyangkut berbagai segi dan wilayah kehidupan masih membutuhkan waktu dan kerja keras seluruh elemen bangsa, untuk itu perlu semangat persaudaraan dalam arti yang seluas-luasnya. 


Hadirin yang kami hormati, Kelahiran yesus kristus menunjukkan solidaritas allah yang tanpa batas, membawa damai dan sukacita ditengah umat manusia, hal itu mengajarkan kita agar solider ditengah kehidupan bersama, saling mengasihi satu sama lain, saling membantu terhadap yang lemah, kurang mampu dan menderita. 


Perayaan natal tahun kedua pandemi ini mengajak kita untuk melihat kembali saudara-saudari yang ada di sekeliling kita. Yang mengingatkan kita untuk saling mengasihi dengan segenap hati dalam kasih persaudaraan yang tulus dan ikhlas melalui tindakan belarasa. Yesus kristus yang kita rayakan kelahiran-nya mendorong kita untuk mencari jalan-jalan baru yang kreatif untuk saling mengasihi, mewartakan keadilan, dan membawa damai sejati. 


Pandemi covid-19 menyadarkan kita bahwa kita semua adalah saudara dan saudari yang berada dalam satu perahu dunia yang sedang menghadapi badai covid


19. Dalam situasi ini, falsafah hidup persaudaraan sebagai karakter khas orang indonesia menjadi semakin bermakna dan semakin mendesak untuk kita batinkan dan wujudkan. Sebagai saudari dan saudara kita diharapkan untuk saling menunjukkan kasih melalui aksi nyata. 


Persaudaraan yang sejati akan memupuk semangat mur belarasa yang bersumber pada iman kristiani. 


Hadirin yang kami muliakan, suka cita natal harus dikumandangkan dengan semangat untuk terus melayani dan melindungi sesama. Hal ini hendaknya diwujudkan dengan pembudayaan pola hidup sehat serta kedisiplinan akan protokol kesehatan. Ada beberapa hal penting yang ingin kami sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini terkait perayaan natal dan menyongsong tahun baru ditengah pandemi covid19: 


1. Mari kita jaga iman dan imun di tengah perayaan natal 2021 ini. 


2. Varian omicron sudah masuk ke 88 negara, termasuk indonesia. Menurut data, jumlah kasus dunia sudah mencapai 21 ribu, naik tiga kali lipat dalam tiga minggu. Untuk itu pastikan kita beraktifitas dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat terutama ditempat-tempat pertemuan. Pemerintah melalui dinas kesehatan dan satgas covid-19 akan aktif memperketat 3t (testing, tracing, dan treatmeni) sesuai dengan  standard yang berlaku.


3. Bagi yang belum di vaksin agar segera mengikuti program vaksinasi sebagai kewajiban seluruh masyarakat indonesia. Pastikan kita dan orang-orang disekitar kita telah memperoleh vaksinasi. Untuk mencapai herd immunity atau kekebalan komunal sekaligus juga untuk membantu protecting | perlindungan demi kesehatan dan keselamatan kita semua.


4. Terkait hal ini, mulai tanggal 17 desember, para camat bekerjasama dengan faskes akan melakukan vaksinasi di wilayah masing-masing serta secara masif mendata by name and by address bagi seluruh masyarakat mulai dari anak-anak usia 6 tahun hingga lansia yang belum di vaksin untuk kemudian menerima dosis pertama. 


5. Menindaklanjuti surat edaran gubernur sulawesi utara dalam perayaan natal dan tahun baru di provinsi sulawesi utara, maka kami menghimbau | masyarakat kota bitung untuk tidak melaksanakan open house atau kegiatan lainnya yang | mengundang berkumpulnya massa, seperti pawai natal dan tahun baru.

 

6. Sesuai dengan edaran wali kota bitung nomor 008/10678/wk tanggal 22 desember 2021, kami sampaikan baik asn maupun thl dilarang melakukan kegiatan bepergian keluar daerah danjatay mudik selama periode hari raya natal 2021 dan tahun baru 2022, yaitu sejak tanggal 24 desember 2021 sampai dengan 2 januari 2022. 


7. Mari bersama kita taati setiap kebijakan yang ada untuk menghindari terjadinya lonjakan kasus covid-19 didaerah yang kita cintai ini. Sambil terus berdoa memohon pertolongan tuhan untuk hadir dalam kehidupan kita dan menyertai bangsa ini dalam menghadapi segala tantangan kedepan. 


Hadirin yang berbahagia, demikian sambutan kami pada kesempatan ini, sekali lagi atas nama pemerintah kota bitung, serta pribadi dan keluarga, kami ucapkan selamat merayakan hari natal 25 desember 2021, dan selamat menyongsong tahun baru 01 januari 2022. Tuhan memberkati bangsa indonesia, tuhan memberkati provinsi sulawesi utara, han memberkati kota bitung. 

Sekian dan terima kasih, imanuel shalom.











 


×
Berita Terbaru Update