Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua DPRD Sulut, FAS: Pers Berpengaruh DiMasyarakat Dalam Membuat Opini Dan Persepsi

Selasa, 07 Desember 2021 | 01:03 WIB Last Updated 2021-12-06T17:03:25Z

 


MANADO KOMENTAR- Untuk mempererat tali persaudaraan antara pihak DPRD Sulut dengan para wartawan yang meliput digedung wakil rakyat, maka sekertariat dewan memprakarsai kegiatan media gathering, senin siang 6/12.2021.


Dengan berthemakan peran media dalam mendukung tugas dan fungsi DPRD Sulut, maka Kegiatan tersebut digelar di Ranowangko Beach desa sawangan kecamatan kombi Minahasa.


Lanjut pada kegiatan itu hadir Ketua DPRD dr.Fransiscus Andi Silangen, Fabian Kaloh, Melky Jakhin Pangemanan dan Sekwan Glady Kawatu, SH M.Si.


Selanjutnya pada pemaparan ketua DPRD Andi Silangen mengapresiasi peran pers sebagai kontrol ditengah masyarakat, dia memperjelas kedudukan pers sangat berpengaruh dalam rangka pembentukan opini dan persepsi dimasyarakat.


Apalagi Media elektronik(on line) saat ini sudah sampai di desa-desa dan masyarakat dapat mengakses informasi/berita yang sangat cepat."Ujar Ketua DPRD Sulut FAS saat pemaparan.


Ditambahkan dr.Andi terbukti dalam dua tahun terakhir peran media begitu penting dalam mengangkat berita terkait covid 19, dan sungguh mengejutkan Presiden Jokowi dalam perayaan hari pers menyebutkan peran pers turut serta dalam menanggulangi wabah Covid 19.


" Dalam mengangkat berita-berita yang sungguh luar biasa disampaikan kepada masyarakat dengan cepat dan menyebar luas hingga kemasyarakat dan hal ini sangat membentuk persepsi masyarakat terutama dalam hal penegakkan protokol kesehatan." Ungkapnya.


Dibagian lain anggota DPRD Sulut dapil bitung-Minut Fabian Kaloh menyinggung kedudukan seorang jurnalis yang dinilai begitu kuat pengaruhnya disegala aspek baik pemerintahan, politik dan kemasyarakatan.


"FK, mengutip pernyataan Doktor Riswanda imawan mengatakan di negara-negara maju pers begitu ditakuti dan disegan, seperti contoh di negara amerika salah satu yang bisa menumbangkan seorang presiden ialah pers."Kata FK.


Sementara Sekwan Sulut Glady Kawatu menyampaikan sangat penting peran pers dalam penyajian berita harus berimbang dan profesional  dan sesuai undang-undang pers harusnya ada cek and belance.


" Selama ini rekan-rekan pers masih baik dan dengar-dengaran dan tidak ada niat dari kita dalam membuat tekanan kepada wartawan oleh sebab itu kalau sesuai dengan fakta yang ada silakan membuat pemberitaan dan kalau tidak sesuai fakta, bisa ada tuntutan dari pihak-pihak tertentu termasuk juga dari pemerintah daerah."Jelas Sekwan.


Dikatakan pula bersyukur selama ini sudah terjalin dengan baik dan ada kerjasama dan karena itu forum seperti ini akan ditingkatkan dalam membangun daerah.


" Dalam pemberitaan-pemberitaan yang mendidik masyarakat dan menginformasi yang benar terutama membantu, menjaga kewibawaan DPRD yang adalah wakil rakyat, terima kasih selama ini berjalan dengan baik dan kalau ada riak-riak hal itu merupakan dinamika yang ada."terangnya.


Dalam kesempatan tersebut hadir Sekwan Glady Kawatu, Kabag Umum Jhon Paerunan, Kabag persidangan Ronny Geruh, pejabat di lingkup sekertariat DPRD Sulut, ASN serta THL, dan seluruh wartawan DPRD Sulut.



*jovan*






×
Berita Terbaru Update