Notification

×

Iklan

Iklan

MM-HH Hadiri Sakramen Krisma Oleh Uskup Benedictus Untu di Paroki Manembo-nembo

Jumat, 12 November 2021 | 21:30 WIB Last Updated 2021-11-12T13:30:46Z



BITUNG KOMENTAR-Jajaran Pemerintah Kota Bitung menghadiri ibadah Penerimaan Sakramen Krisma yang dilaksanakan di Gereja Katolik Paroki Kelurahan Manembo-nembo bawah, Jumat(12/11/2021).


Uskup Manado Mgr. Benedictus Untu MSc, mengapresiasi kehadiran Walikota Bitung dan Wakil Walikota Bitung serta jajaran Pemerintahan Kota Bitung yang sudah hadir dalam Misa Syukur Yubileum 100 Tahun Baptisan Pertama Umat Katolik Kota Bitung Di Rangkaikan Penerimaan Sakramen Krisma. Terimakasih juga kepada seluruh umat paroki, khususnya kepada pastor paroki dan para pembina, yang dengan tekun telah menyiapkan para calon krisma ini dan membimbing mereka sampai pada kepenuhan inisiasi yang akan terlaksana pada hari ini.



"Sakramen Krisma merupakan kesempatan untuk kembali menyatakan diri sebagai pengikut Kristus. Kesempatan pernyataan iman akan Yesus Kristus pertama kali didapatkan pada saat umat beriman menerima Sakramen Baptis. Namun, ada kemungkinan pada saat menerima Sakramen Baptis, terutama mereka yang menerima Baptis sejak bayi, belum banyak mengerti tentang iman akan Yesus Kristus," kata Uskup. 


Ia melanjutkan, Sakramen Krisma merupakan kesempatan untuk kembali menegaskan diri sebagai pengikut Kristus. Pernyataan tersebut adalah pernyataan yang dibuat secara pribadi sebagai umat beriman yang dewasa, bukan keputusan orang tua atau wali Krisma. Keputusan yang dibuat adalah tanggung jawab pribadi sebagai pengikut kristus. 




"Sakramen Krisma merupakan pernyataan kesiapan dan kesanggupan untuk ikut bertanggung jawab pada perkembangan kehidupan Gereja. Umat beriman yang telah menerima Sakramen Krisma harus mau terlibat dalam hidup menggereja. Sakramen Krisma merupakan pernyataan kesiapan dan kesanggupan untuk mewartakan kabar suka cita bagi orang-orang di sekitar kita. Kabar suka cita yang mesti kita bagikan kepada masyarakat terwujud dalam kesaksian hidup yang baik sebagai orang kristiani, baik di rumah, lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja dan di manapun kita berada," ujar Uskup sambil berpesan semoga seluruh umat beriman Kristiani, terutama mereka yang kembali menyatakan imannya melalui penerimaan Sakramen Krisma sungguh-sungguh dihidupi oleh Roh Kudus dan berani menjadi saksi-saksi Kristus dalam kehidupan sehari-hari. 



Sementara, Walikota Bitung ir. Maurits Mantiri, MM., dalam sambutannya mengatakan, selamat memperingati Yubileum 100 Tahun Baptisan Pertama Umat Katolik Kota Bitung Di Rangkaikan Penerimaan Sakramen Krisma. 


"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Bitung menyampaikan ucapan selamat kepada mereka yang ikut dalam penerimaan sakramen krisma, selamat memperingati Yubileum 100 Tahun Baptisan Pertama Umat Katolik Kota Bitung, semoga acara syukur saat ini akan menjadi berkat bagi kita sekalian", ujar Mantiri. 


Terpantau komentar.co.id, Sebagian remaja dan ada pula beberapa orang yang telah dewasa katolik, pada pukul 17:00 Wita menerima Sakramen Krisma atau Sakremen Penguatan. Perayaan Ekaristi Dipimpin langsung oleh Mgr. Benedictus Untu MSc., didampingi pastor Ferry Runtu Pr. Penerima Sakramen Krisma seluruhnya berjumlah 143 orang. Dengan jumlah itu, seluruh bangku umat yang ada di dalam Gereja hampir terisi seluruhnya. Tempat duduk umat tetap diatur dengan menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak. Akibatnya, cukup banyak orang tua yang ikut menghantar dan para umat yang ingin memberi dukungan doa, mesti mengikuti perayaan Ekaristi dari luar gedung Gereja Maria Ratu Para Rasul.


Hadir dalam kegiatan Pastor paroki Depadua Girian, Walikota Bitung ir. Maurits Mantiri. MM., Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar. SE., didampingi Istri Tokoh, Umat Katolik Petrus Tuange didampingi Istri, jajaran Pemkot Bitung.

×
Berita Terbaru Update