Notification

×

Iklan

Iklan

Kota Bitung Tercatat Nol Covid-19 Setelah Kurang Lebih Dua Tahun Pandemi

Selasa, 16 November 2021 | 17:39 WIB Last Updated 2021-11-16T09:40:38Z

BITUNG KOMENTAR-Kabar baik untuk masyarakat Kota Bitung, pasalnya jumlah kasus COVID-19 di kota dimensi untuk pertama kalinya nol kasus setelah kurang lebih dua tahun pandemi.

“Kota Bitung sudah nol kasus Covid-19, tapi kita tidak boleh lengah. Prokes jangan kendor,” ujar Wali Kota Bitung Maurits Mantiri kepada awak media, Senin (15/11/2021) kemarin.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat yang belum vaksin agar segera di vaksin, karena capaian vaksinasi menjadi penentu indikator level PPKM di setiap daerah.

Hal itu merujuk pada Instruksi Mendagri (Menteri Dalam Negeri) yang kini menambah cakupan vaksinasi sebagai salah satu indikator dalam penentuan level PPKM.

“Mari bergotong royong untuk mencapai target vaksinasi agar Bitung bisa turun level menjadi PPKM level 1. Kita bisa beraktivitas lebih bebas dan tentunya sektor ekonomi di kota Bitung akan lebih meningkat,” tukas Wali Kota.

Maurits pun menambahkan, agar masyarakat tidak memilih-milih jenis vaksin yang akan digunakan karena semua vaksin itu sama dan sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus Corona.

“Jadi, tak perlu pilih-pilih vaksin untuk diterima. Namun, meski sudah menerima vaksin, masyarakat juga harus tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Mari jo torang ba vaksin, jangan takut ba vaksin dan jangan kase kendor. Kita tetap berdoa agar perekonomian negara kita akan kembali berjalan dengan normal,” ajaknya.


Senada, Kepala Dinas Kesehatan dr. Pitter Lumingkewas menyampaikan bahwa angka kesembuhan tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat serta dibarengi dengan kegiatan 3T (testing, tracing dan treatment) dan vaksinasi yang rutin dilakukan.

“Kami terus berupaya mempercepat vaksinasi kepada masyarakat. Pelaksanaan dengan sistem jemput bola di kelurahan sudah dilakukan. Lurah mana saja yang masuk wilayah kerjanya dengan jumlah penerima vaksin yang masih rendah akan terus digempur, sehingga kumulatif penerima vaksin di wilayah tersebut mengalami peningkatan,” jelasnya.

Pitter pun membeberkan pemkot Bitung menargetkan capaian vaksinasi di akhir November berada di angka 85 persen hingga 90 persen di akhir November.

“Kami membutuhkan peranan tokoh masyrakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta organisasi agar bisa aktif melaksanakan vaksinasi massal. Dan pastinya teman-teman media agar bisa memberikan edukasi ke masyarakat melalui pemberitaan serta menangkal hoax sehingga meyakinkan masyarakat akan perlunya di vaksin sebelum Natura (Natal dan Tahun Baru),” pungkasnya.

Sementara capaian vaksinasi COVID-19 kota Bitung per Sabtu (13/11/2021), untuk vaksinasi tahap I sebanyak 110.159 (62,71%) dan vaksinasi tahap II sebanyak 71.705 (40,82%).

×
Berita Terbaru Update