Notification

×

Iklan

Iklan

PT Air Butuh 40-an M Bangun Pompa Baru Lotta. Hendro Kawatak: Ini Kesempatan Emas AA-RS

Kamis, 09 September 2021 | 00:45 WIB Last Updated 2021-09-08T16:50:29Z

HENDRO KAWATAK. ST
MANADO KOMENTAR-Mengutip pernyataan Direktur Utama PT Air Manado James Karinda mengenai pelayanan air bersih yang sudah mulai mengalami  peningkatan, tak disangkal oleh Ketua Asosiasi Air Bersih (Akaindo) Hendro Kawatak ST.


Menurutnya, jika pelayanan PT Air Manado membaik, itu tidak lepas dari managemen yang dikelolah secara profesional oleh Direksi yang saat ini dipercaya mengelolah perusahaan yang berdiri atas join PDAM dan WMD itu.


”Wajar jika Bung James Karinda dan direksi mampu bergerak meski di masa pandemi covid-19. Itu lantaran Bung James adalah figur yang  dikenal tidak neko-neko soal keuangan,”ujar Kawatak kepada komentar, Rabu (08/09/20210) di Manado.


Kendati begitu kata Kawatak, pihaknya meragukan perjalanan panjang PT Air Manado, jika Direksi tidak cepat melakukan perbaikan infrastruktur, semisal membangun satu unit pompa pengelolaan air, untuk proses kougalasi flokulasi dan sedimentasi yang baru serta pipa transmisi dan asesoris, khususnya air yang didistribusi dari lotta menuju ke reservoir teling.

foto ilustrasi pengelolaan air bersih Pal Dua Manado

“Saya kira sudah saatnya pemerintah memberikan dukungan dana untuk PT Air melalui PDAM, sehingga pendistribusian air kepada masyarakat pelanggan akan semakin membaik. Jadi  menurut pengamatan saya, PT Air membutuhkan dana segar kurang lebih Rp40-an miliar, khusus untuk membangun pompa baru di kawasan mata air lotta,”jelas salahsatu kontraktor ternama Sulut ini.


Dia juga memastikan, apabila pemerintah kota Manado mampu membangun pompa baru di kawasan Lotta, maka pelanggan secara otomatis akan mengalami kenaikan yang sangat signifikan.


Dengan bertambahnya masyarakat pelanggan, maka  pendapatan PT Air secara akan mengalami kenaikan yang tajam, sekaligus bisa menyisikan PAD untuk pemerintah.


“Setahu saya, sejak terjalin kerja sama antara WMD dan PDAM pada tahun 2006 silam, lalu masuk di era pemerintahan GSVL-Mor,  belum pernah pihak pemerintah kota selaku pemegang saham 49 persen, memberikan suplay dana segar ke PT Air untuk perbaikan atau pembangunan infrastruktut baru. Padahal peluang untuk membantu PT Air sangat terbuka, mengingat  APBD Kota Manado yang sudah berada di angka 1 triliun lebih,”kata Endo biasa dia disapa.


Dia kemudian menyatakan, bahwa ini adalah peluang, tetapi juga kesempatan emas bagi Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS),  selaku Walikota dan Wawali Manado untuk berbuat sesuatu yang terbaik untuk masyarakat pelanggan. 


“Saya harus katakan, bahwa ini adalah investasi jangka panjang. Nah..jika ini mampu dilakukan oleh AA-RS , maka hal ini akan terus dikenang oleh seluruh masyarakat kota Manado, karena berbicara soal air bersih berarti kita sedang berbicara tentang kepentingan yang sangat bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat. Saatnya pemerintahan AA-RS menunjukan jati dirinya sebagai Walikota dan Wakil Walikota pilihan rakyat kota Manado,”tandas lelaki tampan yang akrab dengan dunia modeling ini.



Joppy Senduk


×
Berita Terbaru Update