Notification

×

Iklan

Iklan

Direksi dan Pedagang Sepakat Tanda Tangan PI “No Pungli”. Dirut RR Ingatkan Beratnya Sanksi Bagi Pelanggar

Jumat, 03 September 2021 | 20:30 WIB Last Updated 2021-09-04T02:20:51Z


MANADO KOMENTAR-Direksi PD Pasar Manado dipimpin langsung Direktur Utama Roland Roeroe menandatangani pakta integritas (PI),  bersama dengan puluhan perwakilan pedagang dari semua pasar di kota Manado.


Penandatanganan pakta integritas itu adalah bentuk perjanjian yang sah untuk tidak melakukan pungli.


Kegiatan itu dilaksanakan di kantor baru PD Pasar di gedung shooping center pasar 45 Manado pada hari Jumat (03/09/2021), yang turut dihadiri oleh Satuan pengawas internal (SPI) PD Pasar Manado.


Puluhan perwakilan pedagang yang hadir, berkenan menandatangani spanduk berukuran besar, sebagai tanda, bahwa antara Direksi dan Pedagang sepakat dengan segala konsekwensi yang bakal diterima jika melanggar kesepakatan sebagaimana teruang dalam pakta integritas.


Direktur Utama PD Pasar Manado dr Dirut Roland Roeroe saat menyampaikan sambutan mengatakan, pakta integritas antara mitra usaha dan pedagang merupakan kesepakatan tertulis yang sah dan mengikat untuk mengatur norma-norma sosial dalam aktifitas pasar.


“Ini kesepakatan ini tidak sekedar main-main. Tapi pakta integritas ini untuk meminimalisir terjadinya tindakan pungli di lapangan, karena pungli adalah hal yang melanggar hukum. Maka lewat pakta integritas ini kita menjaga agar segala bentuk pungli di PD Pasar dapat di minimalisir bahkan di dihilangkan,” kata Dirut PD Pasar dr Roland Roeroe (RR) didampingi Direktur Umum, Lucky Senduk, Direktur Pengembangan Jeffrie Salilo, Direktur Operasional Irving Kurniawan Biki serta Dewan pengawas Novie Lumowa S.Pd dan Markho Tampi serta sekretaris PD Pasar.

Lebih jauh RR menjelaskan, bahwa pakta integritas ‘no pungli’ adalah bentuk program penyelarasan revolusi mental dari Presiden Jokowi. Sehingga menurut RR,  seluruh pedagang wajib memiliki surat pakta integritas di tempat masing-masing, sehingga dalam kegiatan sehari-hari, surat pakta integritas itu menjadi pengingat, untuk tidak melakukan pungli.


 “Surat pakta integritas harus selalu di bawa serta dan dibaca, supaya kita terhindar dari ajakan untuk berbuat hal yang melanggar roh dan semangat pakta integritas itu. Saya perlu ingatkan, bahwa sanksi dari perbuatan tersebut sangat berat. Jadi mari kita sama-sama menghormati perjanjian yang sudah kita tandatangani bersama,”tandas lelaki yang akrab dengan wartawan ini.



Selesai penandatanganan pakta integritas, direksi PD Pasar juga menggelar dialog bersama pedagang terkait berbagai kendala di lapangan serta melakukan press conprance dengan sejumlah wartawan.


Turut gadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris PD Pasar Arnol Makawine dan Jajaran Kabag serta Manager Pasar.


Joppy Senduk


×
Berita Terbaru Update