Notification

×

Iklan

Iklan

Tanaman Porang Dicari Mancanegara, Alry Dondokambey: Menjadi Tanaman Unggulan

Jumat, 27 Agustus 2021 | 19:03 WIB Last Updated 2021-08-27T11:03:42Z

 


MABADO KOMENTAR- Saat berjumpa dengan Ketua Kelompok tani nelayan andalan(KTNA) Kabupaten Minahasa Utara, Alri Dondokambey usai mengikuti reses dari anggota DPRD Sulawesi Utara Ir.Herry Rotinsulu, dikantor kecamatan Kauditan minahasa utara.


Dalam perjumpaan tersebut, Arly Dondokambey menjelaskan terkait budidaya tanaman porang, yang dinilai punya manfaat yang bernilai tinggi bagi kehidupan manusia.


" Tanaman porang bisa menjadi pangan bisa sebagai bahan baku untuk chat, bisa untuk kosmetik dan obat-obatan."Ujar Alri Dondokambey, kepada Media, jumat 27/8.2021.


Lanjut menurut Alri, ketua KTNA ini menyampaikan saat ini tanaman porang menjadi primadona indonesia yang sangat dibutuhkan pasar mancanegara, permintaan  cukup tinggi dan akan dibeli dengan harga yang fantastis


"Permintaan tersebut diantaranya datang dari negara jepang, korea dan china, mereka selalu menanyakan tentang tanaman porang dari indonesia, khususnya daerah Sulawesi Utara." Jelas Alri Dondokambey.


Disamping itu kami yang tergabung di koperasi porang sulawesi utara, mensosialisasi terkait dengan tanaman porang yang saat ini banyak permintaan pasar.


" Koperasi tanaman porang yang sudah ada sertifikat koperasi yang tak perlu diragukan, dan kami akan siap memfasilitasi pembibitan porang unggul ini bagi petani, kemudian sampai pada pembelian dengan capaian berapun hektar ketersediaan tanaman ini ditingkat petani disulut bahkan gorontalo." tandasnya.


Sementara itu dia juga menjelaskan tanaman porang dapat tumbuh subur diwilayah sulut, pembudidayaan sangat mudah hanya menanam biji saja 


" Ada sejenis seperti tanaman porang yang dilihat  sama yakni bunga bangkai namun hal itu bukanlah tanaman porang, kalu tanaman porang asli itu punya khasiat yang digemari baik dalam negeri maupun kebutuhan mancanegara." Sebut Alri Dondokambey.


Untuk itu saya mengajak masyarkat sulut khusus di minahasa utara marilah kita mulai membudidayakan tanaman porang karena bernilai tinggi dan berdampak pada perekonomian masyarakat.


"Tanaman porang sudah menjadi komoditi unggulan bagi kebutuhan dunia saat ini kemudian satu-satunya tanaman yang di launching presiden joko widodo dan kementrian pertanian." Katanya.



(jovan)


×
Berita Terbaru Update