Notification

×

Iklan

Iklan

Ini Kendaraan Pengurai Masa Milik Polresta Manado Yang Canggih

Sabtu, 07 Agustus 2021 | 13:10 WIB Last Updated 2021-08-07T05:10:04Z


MANADO KOMENTAR-Polresta Manado saat ini memiliki kendaraan roda empat pengurai masa (Raisa) merek Toyota Hilux yang dilengkapi dengan satu set mixer sound system dengan menggunakan sumber listrik sendiri melalui  genset. 


Kasat Samapta Polresta Manado, AKP Bartolomeus Dambe, SH menjelaskan." Ini sudah merupakan tugas pokok Satuan Samapta yang punya fungsi untuk melaksanakan kegiatan prefentiv dan soal inovasi dengan menggunakan kendaraan Raisa dan himbauan yang disertai adanya bunyi terompet dan dikombinasi dengan lagu-lagu adalah masukan dari Pak Kapolresta Manado untuk mengkombain biar masyarakat tau apabila terompet itu berbunyi adalah himbauan dari Polresta Manado," ujar Kasat.


Lanjut dijelaskan Kasat, Raisa sebenarnya adalah kendaraan atau fasilitas/sarana  untuk Pengurai Massa, tetapi karena saat ini indonesia khususnya kota Manado sedang dilanda covid-19, maka kendaraan tersebut di berdayakan untuk protokol kesehatan ke masyarakat dan mensosialisasikan aturan-aturan pemerintah khususnya aturan Walikota Manado  yang setiap dua minggu ada revisi atau ada perubahan sesuai dengan instruksi Mendagri atau Kementrian Kesehatan dan dari Gubernur yang menyesuaikan dengan sonasi yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan.



"Kami menyiapkan dua personil sebagai operator dan dilaksanakan setiap hari, karena ini menggunakan kendaraan roda empat jadi otomatis  diutamakan dijalan-jalan utama atau jalan raya dan menggunakan personil tersebut untuk memberikan himbauan setiap hari. Dan dua anggota yang berperan penting di Raisa adalah Bripka Mudji Pakaya dan Brigadir Lando," ujar Kasat yang ramah itu.


Lebih lanjut lagi Kasat Dambe menjelaskan, setiap malam sampai dengan selesai kendaraan Raisa ini biasanya beroperasi ditempat-tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan seperti di Jalan Martadinata, Sudirman, Sam Ratulangi, Bethesda, Ahmad Yani, Piere Tendean, semua jalan yang dianggap titik kumpul masyarakat pada malam hari. 



Kendaraan Raisa sendiri juga digunakan saat terjadi aksi unjuk rasa, untuk mengurai massa dan digunakan juga untuk memberikan himbauan-himbauan atau perintah-perintah dari timdalmas yang masuk dalam rangkaian dalmas," tutup Dambe.


Nina Rumondor


×
Berita Terbaru Update