Notification

×

Iklan

Iklan

Didampingi Wawali RS, Walikota Manado AA Sampaikan Penjelasan APBD Induk Tahun 2022 Lewat Rapat Paripurna

Kamis, 19 Agustus 2021 | 21:49 WIB Last Updated 2021-08-19T13:49:18Z


MANADO KOMENTAR-Walikota dan Wakil Walikota Manado  Andrei Angouw SE  dan dr. Richard Sualang,  menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado, dalam rangka mendengarkan Penjelasan Walikota Manado terhadap Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Induk tahun anggaran 2022.



Setelah dibuka oleh Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes, Apt, lalu Walikota AA diberikan kesempatan utnuk menyampaikan penjelasan KUA-PPAS tahun anggaran 2022 dihadapan Anggota Dewan yang terhormat.


Dalam penjelasannya, Walikota memaparkan mekanisme tentang penyusunan dan pembahasan KUA-PPAS sesuai aturan dan pedoman teknis yang mendasarinya.

Walikota juga menyampaikan tentang asumsi-asumsi dalam kaitan dengan pertumbuhan ekonomi yang berkisar 5,5 - 6,2 %. 




Hal lain diungkapkan Walikota adalah, angka pengangguran dan angka kemiskinan serta indeks pembangunan manusia di Kota Manado. 



Secara makro skema keuangan ikut disampaikan oleh Walikota, mulai dari pendapatan daerah seperti pajak daerah, retribusi dan lain -lain pendapatan daerah yang sah.



Disampaikan Walikota, belanja daerah sebesar 1,194 T. Pembiayaan Daerah ditargetkan sebesar 120 M termasuk peminjaman 80 M untuk pembangunan dan pelayanan distribusi air bersih di Kota Manado.



Dari pemaparan angka-angka itu, Walikota mengatakan bahwa rancangan dan gambaran APBD tahun 2022 nantinya akan mengutamakan  Azas Berimbang.





Mengingat situasi dan kondisi masih terkait dengan wabah Covid-19, sehingga rapat paripurna dilakukan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.



Bagi pejabat yang tidak hadir secara fisik, mengikuti rapat paripurna ini secara Online/Virtual yang dilakukan dengan menggunakan teknokogi Video Conference melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting yang diakses pada Handphone/Laptop dari tempat  masing-masing.



Rapat paripurna turut dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD, Forkopimda, Sekretaris Kota Manado Micler C.S. Lakat, Sekwan Zainal Abidin, pejabat eselon, unsur pers dan para undangan lainnya.


Ipoy




×
Berita Terbaru Update