Notification

×

Iklan

Iklan

Perekrutan THL "Human Error", Steven Suluh: Ini Kesalahan Kami Bukan Kesalahan Walikota dan Wakil Walikota Bitung

Jumat, 02 Juli 2021 | 21:20 WIB Last Updated 2021-07-02T13:26:25Z

 


BITUNG KOMENTAR-Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung dalam hal ini mewakili Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar hendak menyampaikan beberapa hal menyangkut pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahun 2021 dan menyangkut hasil seleksi Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Pemerintahan Kota Bitung. 


Hal itu disampaikan Staf Khusus Maurits-Hengky Bidang Informasi Publik dan Komunikasi Sosial, Ricky Lincoln Tulalo saat menggelar konfrensi pers bersama Kepala Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Pemkot Bitung, Steven Suluh dan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Wens Luntungan, di ruang rapat lantai IV Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Jumat (02/07/2021).


Steven Suluh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dalam konfrensi pers menyampaikan, beberapa hal yang menyangkut penerimaan calon pegawai negeri sipil dan P3K, kemudian mengajak seluruh warga kota Bitung berpartisipasi mendaftarakan diri lewat link CPNS yang sudah disediakan. 


"Saya mengajak warga Kota Bitung mempersiapkan diri karena ini pendaftaran CPNS sudah dibuka dari kemarin. Silahkan membuka Link yang ada, sudah kami sediakan termasuk yang ada juga di pemerintah, maupun di kantor BKPSDM sudah kami buka, ajak semua masyarakat dan Handai tolan daftarkan diri anda," papar Steven. 


Kemudian untuk perekrutan tenaga harian (THL), Lanjut Steven. Memang saat ini Pemerintah Kota Bitung sesuai dengan visi misi dari Walikota dan wakil Kota Bitung, Bitung adalah kota digital sehingga kami selaku panitia seleksi pengadaan THL Kami mau bilang bahwa kami akan melaksanakan ini secara online. Tahapan-tahapan pun telah dilakukan tetapi terjadi beberapa kesalahan, seperti yang sudah beredar saat ini di media sosial bahwa ada yang mengatakan kata ganda kemudian ada juga nama yang keluar tapi tidak mengikuti tahapan-tahapan, kemudian juga masalah KTP. 


"Secara manusiawi selaku panitia tentunya mengakui, itu kami salah dan itu cuman human error, kami akan berusaha untuk memperbaiki. Tim yang ada ini sudah ditugaskan oleh pimpinan kami dalam hal ini Pak Walikota atau Wakil Walikota sehingga Apapun yang terjadi itu itu merupakan kesalahan dari kami selaku panitia dan terima kasih kepada semua teman-teman semua masyarakat yang dapat memberikan bukti kepada kami dan ini tentunya akan menjadi bahan evaluasi kami, tentunya akan lebih baik," katanya.


Steven mengakui, bahwa perekrutan THL ini merupakan inovasi pertama yang dilakukan Jadi wajar dengan format yang baru masih ada kesalahan-kesalahan yang terjadi,"Mohon dimaafkan tapi ini murni kesalahan kami sebagai panitia bukan merupakan kesalahan dari pimpinan kami Walikota atau Wakil Walikota Bitung," jelas Steven.


Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemkot Bitung Wens Luntungan dihadapan sejumlah wartawan dan sejumlah perwakilan perusahan diantaranya PT Indomarco Prismatama, PT Agro Makmur Raya, PT Indo Lautan Mas yang ikut hadir dalam konfrensi pers tersebut mengatakan, ada beberapa perusahan yang menyampaikan kesiapan perusahan untuk membuka lowongan pekerjaan ke pihak Disnaker. 


"Kami akan mengupayakan perusahaan-perusahaan yang lain agar supaya tetap menyampaikan informasi lowongan kepada pemerintah kota Bitung dalam hal ini dinas tenaga kerja. Dijamin, perusahan yang membuka lowongan akan memprioritaskan tenaga kerja lokal jadi tenaga kerja lokal para pencari kerja yang ada di kota Bitung silakan memasukkan lamaran kepada perusahaan yang sudah menyatakan kesiapannya. Jadi, bagi pencari kerja yang tidak lolos THL, jangan berkecil hati," ungkap Luntungan. 


Kegiatan kemudian dilanjutakan dengan penyerahan secara simbolis data para pelamar "hardware" dalam bentuk CD jumlah pencari kerja di Kota Bitung sebagai bahan masukan untuk sekiranya ketika ada perusahaan yang akan menerima pekerja itu bisa menjadi acuan.  














×
Berita Terbaru Update