Notification

×

Iklan

Iklan

Komisi 3 DPRD Mitra, Kunjungi BP2MI Manado Guna Persiapan MoU

Senin, 05 Juli 2021 | 11:24 WIB Last Updated 2021-07-05T03:24:50Z

 


MANADO KOMENTAR- Selasa 29/7.2021 Komisi 3 DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara yang diketuai,Crhis Rumansi mengadakan kunjungan ke UPT Badan pelindungan pekerja migran(BP2MI) guna persiapan penandatanganan MoU, antara Mitra dan BP2MI Manado.


Hendra Makalalag, selaku kepala BP2MI Manafo menyambut dengan antusias kunjungan dari rombongan yang datang. Hendra mengatakan bahwa selain sebagai kerjasama persiapan penandatanganan komisi 3 DPRD mitra juga berkunjung untuk memberikan dukungannya akan MoU yang akan ditandatangani dalam waktu dekat ini.


"Kunjungan dari komisi 3 DPRD Mitra ini selain untuk koordinasi persiapan MoU dengan pemkab nanti, juga sebagai bentuk pernyataan sikap dari para wakil rakyat minahasa tenggara bahwa mereka sangat mendukung pelindungan dan penempatan pekerja migran asal daerahnya." Jelas Hendra.


Hendra juga mengatakan bahwa kunjungan ini pastinya akan membawa dampak positif bagi pemuda daerah minahasa tenggara yang berminat untuk bekerja ke luar negeri.


" Peluang Kerja keLuar negeri itu sebenarnya banyak dan terbuka lebar, namun ada beberapa hal yang menjadi kendala antara lain, bahasa dan kemampuan, atau skill yang diminta oleh pemberi kerja dinegara tujuan penempatan. Komisi 3 DPRD ini merupakan wujud keberpihakan wakil rakyat, untuk mensuport pemkab agar melaksanakan amanat UU no 18 tahun 2017 untuk menanggung biaya pendidikan dan pelatihan calon pekerja migran asal daerahnya agar pemuda dari mitra dapat dilatih sehingga bisa memenuhi kualifikasi yang diminta oleh pemberi kerja." Jelas Hendra.


Dalam pertemuan dengan komisi 3 DPRD mitra,Hendra j7ga menjelaskan program SSW kejepang sebagai peluang kerja keluar negeri yang sedang membutuhkan banya tenaga  trampil di 14 sektor pekerjaan dengan gaji mulai 20 jutaan/ bulan. Sampai saat ini pemijatan terhadap peluang kerja ke jepang di Sulawesi Utara sangat tinggi. Hal ini tentu mengembirakan bagi generasi muda sulut khususnya 6a g ada dikabupaten/kota. Potensi calon pekerja migran yang ada didaerah akan di support oleh pemda melalui APBD sebagaimana yang diamanatkan dalam UU no 18 tahun 2017, pasal 41.


Ditemui dikantor BP2MI Manado, Christ Rumah di mengatakan bahwa komisi 3 DPRD Mitra siap untuk mendukung MoU antara pemkab dan BP2MI. " Tentu saja kami akan mendukung MoU ini naik dari sisi anggaran maupun pengawalan pekaksanaan dilapangan nanti agar dana yang dikeluarkan tepat sasaran." Kata Christ.


Lanjut Christ juga mengatakan akan terus melibatkan BP2MI dalam proses penyiapan calon pekerja migran asal minahasa tenggara."Pelaksanaan  pengawasan dan pemantauan jalannya penyiapan calon pekerja migran akan kami lakukan secara rutin tentu saja dengan melibatkan BP2MI Manado selaku perwakilan BP2MI di sulawesi Utara."tutup Crist



(jovan)




×
Berita Terbaru Update