Notification

×

Iklan

Iklan

Dirut PDBB Rizal Lumombo : KMP Bawal dan Lokong Banua Gantikan KMP Tude Beroprasi

Jumat, 09 Juli 2021 | 21:54 WIB Last Updated 2021-07-09T13:57:15Z

 


BITUNG KOMENTAR-Perusahan Daerah PD Bangun Bitung menyatakan jika kapal KMP Tude yang sehari-hari melayani transportasi ke Pulau Lembeh dihentikan. Terkait kondisi KMP Tude atas dasar peraturan keselamatan tidak layak lagi.


Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PDBB Rizal Marcos Lumombo, didampingi Direktur Umum Grace Watung dan Direktur Teknik, Yohan Mangempis saat menggelar prees conference dengan sejumlah wartawan biro Bitung, Jumat (9/7/2021) pukul 15:00 Wita di ruang rapat Kantor PD Bangun Bitung, Kelurahan Wangurer, Kecamatan Madidir. 


Lebih lanjut, Direktur Utama PDBB Rizal Marcos Lumombo menyampaikan, bahwa soal izin klasifikasi sertifikat tidak dipenuhi oleh Kementrian Perhubungan kemudian ada beberapa properti terkait peraturan keselamatan maka KMP Tude tidak layak lagi untuk dioperasikan.


"Kemenhub bersama PT BKI sesuai hasil evaluasi menyatakan ada 17 item standar atau serifikat keselamatan pelayaran yang tidak dipenuhi KMP Tude selama ini. Dari hasil evaluasi dan uji itu, maka terhitung tanggal 08 Juli 2021 kami memutuskan untuk menghentikan operasional KMP Tude sesuai rekomendasi dari Kemenhub dan melakukan perbaikan atau docking," jelas Lumombo. 


Lebih jauh Lumombo menjelaskan, tidak dioprsikan KMP Tude, sebenarnya sangat berat bagi PD Bangun akan tetapi demi keselamatan kita semua, ini harus dilakukan. Namun meskipun demikian rencannya pihak ASDP akan menyediakan dua unit KMP Bawal dan Lokongbanua sebagai pengganti KMP Tude nantinya. Dimana kata dia, untuk pengoperasianya akan menyesuaikan dengan jadwal dua kapal ini. 


"Iya, jadi untuk sementara dua kapal ini yang akan mengantikan KMP Tude. Kemungkinan empat hari dalam seminggu kapal ini akan melayani trip Pateten-Pulau Lembeh. Mulai dari penumpang atau pun material infrastruktur," terangnya.


Lebih lanjut saat saat ditanyai berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga KMP Tude kembali akan beroperasi. Dia mengatakan belum mengetahui persis,"Beroprasinya KMP Tude belum bisa kita pastikan. Kemungkinannya butuh waktu dua bulan untuk memenuhi standar kelayakan kapal serta kelengkapan," jelanya.      

×
Berita Terbaru Update