Notification

×

Iklan

Iklan

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) 

Sabtu, 10 Juli 2021 | 16:28 WIB Last Updated 2021-07-10T08:31:18Z

Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Pernahkan anda mendengar istilah gangguan yang terjadi pada anak-anak yaitu ADHD? Mungkin banyak orangtua yang seringkali salah dalam memahami ADHD. Berikut silahkan di baca ya terutama untuk orangtua yang memiliki anak-anak agar tidak salah dalam memahami, karna ADHD nih terkenal loh. Bahkan banyak yang salah paham mengenai ADHD. 


Apa itu Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)?

Menurut Baihaqi dan Sugiarmin (2006) ADHD Attention Deficit hyperactivity Disorder (Attention=Perhatian, Deficit=berkurang, hyperactivity=hiperaktif, Disorder=gangguan) diartikan sebagai gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktif. supena dkk (2012). So ADHD merupakan seorang yang mempunyai kesulitan dalam memusatkan perhatian, mengontrol perilaku, dan hiperaktivasi. Gangguan ini banyak terjadi pada usia anak – anak yang dapat berlanjut ke usia remaja, hingga dewasa.. Anak-anak sendiri biasa terlihat dari usia sekolah.


Adapun diagnosa menurut Menurut DSM-IV, seseorang didiagnosa ADHD, jika: a)Penanganan pola persisten mengenai atensi dan/ hiperaktif-impulsif yang mengganggu dalam pemfungsian atau perkembangan, b) Beberapa ciri inatentif atau hiperaktif-impulsif mulai muncul sebelum usia 12 tahun, c) Beberapa ciri inatentif atau hiperaktif-impulsif muncul di 2 atau lebih setting lingkungan (rumah, sekolah, kantor, lingkungan pertemanan), d) Adanya bukti yang jelas, bahwa ciri – ciri yang sudah disebutkan mengganggu atau menurunkan kualitas fungsi social, akademik, atau pekerjaan


Hati-hati tidak boleh asal diagnose ya, butuh penanganan ahli seperti psikolog atau dokter tumbuh kembang dalam menegakkan diagnosnya!!  


Penyebab anak terkena ADHD Penyebab anak yang terkena ADHD belum di ketahui pasti , tetapi peneliti telah menjelaskan bahwa gejala yang berhubungan dengan aktivitas biologi di otak , di sebabkan oleh faktor genetik dan lingkungannya yang dapat menyebabkan perubahan perkembangan dan fungsi otak. 


Berikut secara singkat faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami gangguan ADHD : 

1) Genetik ,

2) neurofisiologi

3) Penggunaan obat-obatan Ketika masa ke hamilan 

4) Penggunaan alcohol / meroko di saaat kehamilan 

5) Kecelakaan yang membuat cedera pada otak


 Ada bermacam-macam penanganan untuk anak dengan Gangguan ADHD beberapa diandatanya adalah :

1) Penanganan dengan obat-obatan,

2) Penanganan melalui psikoterapi, 

3) Membangun kehidupan anak yang tersetruktur, 

4) Menerapkan disiplin positif , 

5) Mengajak anak beraktivitas dan berolahraga, 

6) Membina hubungan keluarga yang sehat, 

7) Terapkan aturan dan konskuensi secara perlahan Penanganan yang diberikan akan berbeda sesuai kebutuhan masing-masing anak atas saran dari ahli.


Pengalaman penulis sendiri dalam mewawancarai seorang guru yang mengajar di salah satu sekolah dasar khusus nya di daerah Jakarta.


Pada umumnya peserta didik anak berkubutuhan khusus ADHD mengalami masalah dalam intruksi yang di berikan oleh guru karna kontak matanya yang sering tidak fokus pada pembelajaran.


Hambatan terbesar anak ADHD adalah membaca dan pelafalan ia masih sulit membaca kata yang memiliki banyak huruf I,P,Q. 


Dari penjelasan diatas kita dapat sedikit informasi terkait dengan ADHD ya.. dari informasi tersebut jika Anda atau orang sekitar Anda menunjukkan gejala serupa jangan lupa periksakanlah ke ahli untuk mendapatkan diagnose dan penaganan yang tepat.


Penulis 

Putri shalsabilla Mahasiswa universitas negeri Jakarta Fakultas pendidikan psikologi Semester 6


Fadilah Rana Qomara Mahasiswa universitas negeri Jakarta Fakultas pendidikan psikologi Semester 6



Putri shalsabilla Mahasiswa universitas negeri Jakarta Fakultas pendidikan psikologi Semester 6







×
Berita Terbaru Update