Notification

×

Iklan

Iklan

Pokdarkamtubmas Resor Manado Terbentuk

Jumat, 04 Juni 2021 | 15:08 WIB Last Updated 2021-06-04T07:18:02Z

 


MANADO KOMENTAR-Pengurus Pokdarkamtibmas Resor Manado menerima surat keputusan (SK) tentang susunan pengurus masa bakti 2021-2024, yang diserahkan Ketua dan Sekretaris Daerah Pokdarkamtibmas Provinsi Sulut, Laurens Tirayoh dan John Lambuwun, kepada Ketua Pokdarkamtibmas Resor Manado, Arnold Max Karundeng, didampingi Sekretaris Harris Vandersloot, dan Bendahara Donald Pepah. 


Susunan pengurus dibantu 2 (dua) orang Wakil Ketua, Edwin Eman dan Eddyson Masengi, Wakil Sekretaris, Roy Jacob, dan 2 (dua) Wakil Bendahara, Gliff Charles Gunawan dan Adrie Rindorindo. Susunan pengurus juga dibantu oleh para koordinator bidang dan anggota.


Pokdarkamtibmas adalah Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Tugasnya adalah sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat. 


Adapun sebutan lain dari pokdarkamtibmas ini adalah Citra Bhayangkara. Pokdarkamtibmas ini mulai dibentuk pada tanggal 25 November 2005 atas Surat Keputusan KAPOLRI No. Pol. : Skep/831/XI/2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas).


Visi Pokdarkamtibmas adalah menjadi sahabat dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas.


Sedangkan misi hadir ditengah masyarakat untuk memberikan suluh dalam peningkatan kesadaran Kamtibmas dan hukum. Membangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat, kelompok dan atau komunitas. Membangun dan mengembangkan kemitraan dengan segenap komunitas dalam memelihara situasi Kamtibmas, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas.


Tindakan yang bisa diambil, antara lain, Peningkatan pelayanan kepada masyarakat guna melayani permintaan bantuan masyarakat kepada Polisi melalui peningkatan pelayanan cepat atas laporan/pengaduan masyarakat dan memanfaatkan komunikasi HT dan teknologi selular media sosial. 


Mengoptimalkan dukungan anggaran dengan titik berat pada bidang Operasional sesuai dengan Program Kerja


Membangun organisasi Citra Bhayangkara di wilayah hukum setempat, sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi wilayah. Mengoptimalkan komunikasi dengan Polri dan Masyarakat dalam rangka meningkatkan kemitraan dan kerjasama dalam penyelenggaraan Kamtibmas.


Membantu menyelenggarakan Operasi Kepolisian tingkat kewilayahan sesuai perkembangan situasi keamanan secara selektif yang dalam pelaksanaannya tidak hanya bersifat penegakan hukum semata tetapi juga preventif.


Memperkuat dan meningkatkan jaringan komunikasi dan jaringan informasi untuk mencegah gangguan Kamtibmas.


Memelihara dan meningkatkan kekuatan pengamanan dalam rangka mengantisipasi gangguan Kamtibmas.


Membangun kemitraan melalui peningkatan intensitas dialog dan komunikasi sosial lewat tatap muka langsung dgn masyarakat serta mengaktifkan forum silaturahmi Kamtibmas tingkat Sektor dan Sub Sektor.


Meningkatkan kerjasama dengan menggalang Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarak atau Tokoh Informal dalam menangani masalah Kamtibmas.


Membangun kemitraan melalui peningkatan intensitas dialog dan komunikasi sosial lewat tatap muka langsung dgn masyarakat serta mengaktifkan forum silaturahmi Kamtibmas tingkat Sektor dan Sub Sektor.


Meningkatkan kerjasama dengan menggalang Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat/Tokoh Informal dalam menangani masalah Kamtibmas.


Mewujudkan dukungan positif dari berbagai pihak dengan sasaran giat meliputi pelaksanaan tugas secara profesional, objektif, tidak diskriminatif dan tak arogan, menghilangkan perbuatan dan tingkah laku yg dapat menurunkan serta merugikan Organisasi Citra Bhayangkara dan mampu menampilkan insan yang berperilaku agamis.


Menegakkan Supremasi hukum dengan menempatkan hukum sebagai panglima.


Pokdarkamtibmas ini terbagi sampai ke level sub sektor di bawah naungan polsek tiap kecamatan.

Jovan

×
Berita Terbaru Update