Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Minsel FDW Lobi Proyek di Kemenhub, Menhub Budi Karya Beri Respon Positif

Senin, 21 Juni 2021 | 20:45 WIB Last Updated 2021-06-21T12:45:05Z


MINSEL KOMENTAR-Seakan tak lelah untuk mewujudkan Visi Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yaitu Maju, Berkepribadian dan Sejahtera, Bupati Franky Donny Wongkar, SH, dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, terus bergerak. 


Kali ini dinampakkan Bupati Franky Wongkar dengan melakukan kunjungan kerja di Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, Selasa (15/06/2021).


Informasi terangkum kunjungan kerja yang dilakukan Bupati Franky Wongkar di Kemenhub yaitu audiensi dengan Menhub RI Budi Karya Sumadi, didampingi Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan Sekretaris Jenderal Perhubungan Darat Ir. Cucu Mulyana, DESS.


Dalam kunjungan itu, Bupati yang juga dikenal dengan sebutan FDW tersebut menyampaikan beberapa usulan kegiatan yang merupakan kebutuhan daerah. 



"Pertama kami mengusulkan kebutuhan di Bidang Transportasi Darat, yang meliputi Fasilitas Keselamatan Jalan, berupa rambu lalulintas, alat pemberi isyarat lalulintas (warning light dan traffic light) pada ruas jalan Kabupaten Minahasa Selatan, Terminal tipe C yang berlokasi di Kecamatan Amurang dan Tumpaan, Pengadaan alat uji kendaraan bermotor, Pengadaan area traffic control system (ATCS) sebagai penunjang kegiatan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Pembukaan lintasan penyeberangan Amurang - Balikpapan (antar provinsi), Pemberian subsidi untuk pembukaan lintasan penyeberangan yang baru untuk lintasan Amurang - Melonguane (Antar Kabupaten), da. Pengembalian Kapal KMP. Moinit, yang dulunya pernah melayani lintasan Amurang - Pananaru," ungkap Bupati Franky Wongkar.


Kedua  lanjut Bupati, kami juga menyampaikan kebutuhuan di Bidang Transportasi Laut. "Seperti Penambahan fasilitas pendukung pada Pelabuhan Amurang, Penambahan panjang dermaga pada Pelabuhan Amurang, Penambahan Rute/Trayek Kapal PELNI dari dan ke Pelabuhan Amurang, dan Studi Penyusunan Rencana Induk Pelabuhan Amurang," tutur Wakil Bupati Minsel periode 2015-2020 itu.


Bupati Franky Wongkar pun berharap beberapa usulan dimaksud dapat diterima dan terealisasi guna mewujudkan misi ke-3. "Yaitu pengembangan wilayah dengan prinsip pembangunan berkelanjutan". harapnya.


Terkait dengan usulan tersebut, Menhub RI Budi Karya Sumadi, memberikan respon positif dan akan menindaklanjuti usulan dari Pemkab Minsel sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku. "Seperti Fasilitas keselamatan jalan, serta pembukaan lintasan antar kabupaten, Amurang - Melonguane," tutur Menhub Budi Karya.


Ditambahkan Menhub, untuk lintasan antar Provinsi, Amurang - Balikpapan, serta lintasan trayek kapal dari dan ke Pelabuhan Amurang melalui subsidi ke PT. PELNI, disarankan agar ada "effort" dari Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan penumpang dan barang. "Dan  Pemerintah Daerah diharapkan dapat mengupayakan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah," tutupnya.


Ikut serta dalam kunjungan tersebut Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara, Ir. Reinhard Ronald Lumba, SSiT, MSi dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Selatan, Ibu Verra Y. Lasut, AP, MSi.


jENDRY


×
Berita Terbaru Update