Notification

×

Iklan

Iklan

Begini Langkah Pemkot Bitung Tangani Korban Kebakaran Di Pasar Tua

Sabtu, 26 Juni 2021 | 20:22 WIB Last Updated 2021-06-26T12:22:14Z

BITUNG KOMENTAR-Pemerintah Kota (Bitung) melakukan senumlah langkah menangani para korban pasca kebakaran pemukiman padat di Kompleks Pasar Tua Kelurahan Bitung Tengah Lingkungan IV Kecamatan Maesa beberapa hari lalu. Selain mengirim sejumlah bantuan, Pemkot Bitung juga melakukan pendampingan trauma healing bagi para korban. 


Langkah-langkah penanganan disampaikan Pemkot Bitung dalam Pres Conference yang digelar di Posko Media dan Trauma Healing Center Penanganan Bencana Kebakaran Pasar Tua, Sabtu (26/06/2021). 


Dalam penyampaiannya, Jubir Pemkot Bitung memaparkan langkah-langkah penanganan yang telah dilakukan dan sementara dilakukan pihaknya bersama Forkopimda pasca kebakaran Pasar Tua, yakni mendirikan posko tanggap bencana, pendataan jumlah penyitas korban kebakaran,  jumlah rumah dan bagunan yang terdampak.


"Juga, mendirikan tenda penampungan korban kebakaran, mendirikan dapur umum, mendirikan posko medis, mendirikan posko trauma healing dan mendirikan media centre," kata Albert. 


Albert juga menyampaikan soal mekanisme penyaluran bantuan oleh BPBD yakni Proses Penerimaan satu pintu, proses penyaluran satu, update data jumlah penyitas korban kebakaran, update data jumlah bantuan yang diterima, update data jumlah bantuan yang tersalur dan update jumlah stok yang tersedia di posko “Termasuk juga progres pelayanan dapur umum dan mekanisme penyalurannya dari Dinas Sosial serta penangan pelayanan medis dan pencegahan pemyebaran covid-19 di lokasi tenda penyintas,” katanya.


Sementara itu, Plt Asisten I atas nama Pemkot, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar serta masyarakat Kota Bitung menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulut, Pemkab Minut, Kodim 1310/Bitung, Polres Bitung, Yonmarhanlan VIII Bitung, PT Pelindo IV dan Terminal Integrated Terminal Pertamina Bitung yang telah membantu upaya pemadaman serta penanganan penyintas korban kebakaran Pasar Tua. 


"Juga kepada semua pihak yang tak dapat kami sebut satu persatu yang telah bersama-sama melakukan upaya pemadaman serta membantu penyintas. Tuhan memberkati kita semua," kata Julius. 


Hadir dalam Pres Conference Plt Asisten I, Julius Ondang, Kepala Dinas Sosial, Give Mose, Kepala BPBD, Robert Wongkar, Plt Dinas Kesehatan, dr Pitter Lumingkewas dan Juru Bicara (Jubir) Pemkot Bitung, Albert Sergius.  

×
Berita Terbaru Update