Notification

×

Iklan

Iklan

UPT BP2MI Kunjungi Disnakertrans Manado Guna Tingkatkan Kualitas Penempatan Dan Perlindungan PMI

Sabtu, 22 Mei 2021 | 12:21 WIB Last Updated 2021-05-22T04:21:45Z

 

U

MANADO KOMENTAR- Selasa 16/5.2021, Hendra Makalalag selaku ketua BP2MI Manado melakukan kunjungan ke dinas tenaga kerja dan transmigrasi(Kadisnakertrans)kota manado guna meningkatkan kualitas dan kwantitas penempatan dan perlindungan pekerja migran asal Kota Manado.


Hendra dan rombongan disambut langsung oleh kepala dinas tenaga kerja kota manado donald supit. Dalam kunjungannya, Hendra banyak memaparkan mengenai rencana strategis dari BP2MI Manado yang dipimpinnya.


Salah satunya menjajaki kerjasama dengan pemerintah kota Manado dalam hal peningkatan kualitas pra penempatan dari calon pekerja migran asal manado melalui penguatan dan pelatihan calon pekerja, agar para pekerja Migran dapat disalurkan pada sektor formal diluar negeri.


Menurut hendra saat ini peluang kerja disrktor formal dibeberapa negara sedang terbuka lebar.


" Antara lain lowongan pekerjaan sebagai perawat lansia ke jepang, lowongan srbagai oprator di polandia, lowongan sebagai pelayan restoran diarab saudi, sebagai mekanik di australia, lowongan sebagai chef di italia dan dan hungaria dan beberapa lowongan melalui program penempatan dari pemerintah."Ungkap hendra.


" Peluang Kerja ini sepatut dimanfaatkan karena dapat membantu pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran, serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat kota manado."Kata Hendra.


Ditambahkan hendra," namun pekerja yang akan disalurkan pada jabatan-jabatan yang ada haruslah di Berikan pendidikan dan pelatihan agar mereka siap untuk ditempatkan sesuai dengan kualifikasi jabatan yang diminta," Jelas Hendra.


Menurut hendra untuk mempersiapkan calon pekerja untuk bekerja keluar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit." Saat ini sulawesi utara khususnya kota manado sudah ada beberapa lembaga yang bisa memfasilitasi pendidikan dan pelatihan baik bahasa dan skill untuk bekerja keluar negeri. Namun pelatihan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.Untuk itu UPT BP2MI Manado mengadakan kunjungan keseluruh disnaker kabupaten/kota untuk memfasilitasi pelatihan dan pendidikan bagi Calon pekerja sesuai yang diamanatkan dalam UU no 18 tahun 2017." Jelas Hendra.


Kepala dinas tenaga kerja kota Manado Donald Supit menanggapi dengan antusias perihal paparan yang disampaikan oleh hendra makalalag," Peluang Kerja yang diinformasikan oleh kepala UPT BP2MI Manado akan sangat membantu pemerintah kota Manado untuk mengurangi tingkat pengangguran dan menambah pemasukan daerah. Untuk itu kami akan segera menjadwalkan pertemuan BP2MI Manado dengan Walikota manado agar kerjasama strategis yang dipaparkan akan segera terealisasi." Kata Donald.


Dalam pertemuan tersebut kepala dinas tenaga kerja kota manado menyampaikan bahwa terkait pelaksanaan amanat UU no 18 tahun 2017 ps 41 Disnaker juga sudah mengusulkan anggaran tahun 2022 untuk biaya pelatihan dan pendidilan bahasa bagi para pencari kerja peluang kerja keluar negeri. Hal ini disambut dengan baik oleh hendra Makalalag selaku kepala UPT BP2MI Manado, karena usulan tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah kota manado untuk melaksanakan apa yang diamanatkan dalam UU no 18 tahun 2017 tentang perlindungan pekerja migran Indonesia.


(jovan)




×
Berita Terbaru Update